ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 6 SATAP MALANGKE BERDASARKAN GAYA KOGNITIF

MUHERJI, RANI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 6 SATAP MALANGKE BERDASARKAN GAYA KOGNITIF. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Rani Muherji, 2023 “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik
Kelas VIII SMP Negeri 6 Satap Malangke Berdasarkan Gaya Kognitif”
Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Lisa Aditya
Dwiwansyah Musa dan Sumardin Raupu.
Skripsi ini membahas tentang Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis
Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 6 Satap Malangke. Tujuan dari skripsi ini
Untuk mengetahui Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik
kelas VIII SMP Negeri 6 Satap Malangke Berdasarkan Tipe Gaya Kognitif Field
Independent dan Field Dependent.
Penelitian ini menggunakan jenis peneltian Kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Sampel penelitian yaitu 3 peserta didik dari tipe gaya kognitif Field
Independent dimana peserta didik tersebut adalah pewakilan dari kelompok Field
Independent tinggi, sedang dan lemah, 3 peserta didik dari tipe gaya Field
Dependent perwakilan dari kelompok kuat sedang dan lemah. Instrumen dalam
penelitian ini yaitu lembar tes GEFT (Group Embedded Figure Test), lembar tes
kemampuan komunikasi matematis dan pedoman wawancara. Teknik
pengumpulan data yang digunkaan yaitu tes GEFT, Tes kemampuan komunikasi
matematis dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh kemampuan komunikasi
matematis peserta didik berdasarkan gaya kognitif sebagai berikut: peserta didik
Field Independent kuat mempunyai kemampuan komunikasi matematis yang
tinggi, peserta didik Field Independent sedang mempunyai kemampuan
komunikasi matematis yang sedang, peserta didik Field Independent lemah
mempunyai kemampuan komunikasi matematis yang sedang, peserta didik Field
Dependent kuat mempunyai kemampuan komunikasi matematis yang sedang,
peserta didik Field Dependent sedang mempunyai kemampuan komunikasi
matematis yang sedang, peserta didik Field Dependent lemah mempunyai
kemampuan komunikasi matematis yang rendah.
Kata kunci: Field Independent dan Field Dependent, Gaya Kognitif,
Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 10 Nov 2023 02:59
Last Modified: 10 Nov 2023 02:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7804

Actions (login required)

View Item View Item