Faldi S, Faldi S (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
FALDI S.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK
Faldi S, 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan
Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII
SMP Negeri 2 Malangke Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi untuk Program
Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Salmilah dan
Sumardin Raupu.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Media Pembelajaran
Matematika Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Malangke Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hasil rancangan media, validitas, praktikalitas dan
efektifitas pengembangan media pembelajaran matematika ini.
Jenis penelitian ini adalah pengembangan Research and Development
(R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan
yaitu: analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development),
implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini
adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malangke Kabupaten Luwu Utara.
Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan media, angket
kepraktisan untuk siswa, serta lembar soal pre-test dan post-test siswa untuk
mengetahui keefektifan produk dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis data
deskriptif kuantitatif.
Hasil pengembangan media pembelajaran berbantuan Articulate Storyline.
Hasil rancangan media berbantuan Articulate Storyline yaitu menghasilkan media
pembelajaran berupa aplikasi berbasis Android. Hasil validitas media dan materi
memenuhi syarat kevalidan yaitu 92,5% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji
kepraktisan oleh guru dan siswa memenuhi syarat praktikalitas yaitu 82,5% dan
87,2% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil efektifitas media pembelajaran
matematika berbantuan Articulate Storyline untuk meningkatkan hasil belajar
siswa dilihat dari skor pre-test dan pos-test siswa diperoleh rata-rata nilai N-gain
sebesar 54,84% dengan kategori “sedang”. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbantuan Articulate
Storyline efektif untuk digunakan. Pengembangan media pembelajaran berbantuan
Articulate storyline dapat mendukung terciptanya pembelajaran secara mandiri
dapat meningkatkan interaksi, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Articulate Storyline, Segitiga, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 03:07 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 03:07 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7806 |
Actions (login required)
View Item |