Zulfahnur, Mutiara (2023) PEMBELIAN PRODUK PADA PLATFORM BELANJA ONLINE SHOPEE SEBAGAI BENTUK PERUBAHAN GAYA HIDUP (STUDI FENOMENOLOGI MAHASISWA MBS ANGKATAN 2019-2022 IAIN PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Mutiara Zulfahnur.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mutiara Zulfahnur, 2023. Pembelian Produk Pada Platform Belanja Online
Shopee Sebagai Bentuk Perubahan Gaya Hidup (Studi
Fenomenologi Mahasiswa MBS Angkatan 2019-2022 IAIN
Palopo). Skripsi. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah
(dibimbing oleh Edi Indra Setiawan, S.E., M.M)
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi
untuk mengetahui fenomenologi pembelian produk pada platfrom belanja online
shopee sebagai bentuk perubahan gaya hidup. Penelitian ini dilakukan di Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Subjek penelitian adalah Mahasiswa Program Studi
Manajemen Bisnis Syariah (MBS) angkatan 2019-2022. Instrumen dalam
penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang didukung
pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa: (1)
Fenomenologi perubahan gaya hidup mahasiswa MBS IAIN Palopo yang terjadi
akibat adanya platform belanja online shopee terlihat dari adanya pergesaran
budaya belanja yang erat kaitannya dengan teori mind, self, and society. Mahasiswa
selalu berkeinginan untuk membeli barang secara online. Hal ini dikarenakan
adanya kemudahan dalam belanja online shopee dimana seseorang berbelanja
dimanapun dan kapanpun tanpa harus datang langsung ke toko untuk melakukan
transaksi. Selain itu, konsumen juga dapat memperoleh lebih banyak infromasi
tentang produk seperti, harga, kualitas, dan juga ketersediaan barang. Munculnya
online shop seperti shopee juga dapat mengakibatkan seseorang kecanduan dalam
berbelanja. Selain memberikan pengaruh positif terhadap perubahan gaya hidup
yang terjadi dikalangan mahasiswa, belanja online melalui marketplace shopee juga
memberikan pengaruh negatif. Mahasiswa seringkali boros dalam berbelanja
sehingga terkadang hal-hal yang tidak begitu dibutuhkan akhirnya dibeli karena
tergiur dengan diskon, potongan harga, ataupun fitur-fitur menarik lain yang
disediakan oleh shopee. Tentunya ini merupakan fenomologi perubahan gaya hidup
yang terjadi akibat adanya platform belanja online shopee. (2) Faktor yang
memengaruhi mahasiswa MBS IAIN Palopo menjadi pelanggan di platform belanja
online shopee ialah: (a) Waktu; (b) Ketersediaan barang di pasar; (c) Harga; (d)
Jenis barang yang dibeli.
Kata Kunci: Belanja Online, Fenomenologi, Gaya Hidup
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 06:50 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 03:10 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7821 |
Actions (login required)
View Item |