STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM LITERASI PESERTA DIDIK SMP DI KOTA PALOPO

RISNA, RISNA (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM LITERASI PESERTA DIDIK SMP DI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of RISNA.pdf] Text
RISNA.pdf

Download (31MB)

Abstract

ABSTRAK
Risna, 2023. “Strategi Pengembangan Program Literasi Peserta Didik SMP di
Kota Palopo”. Tesis Pascasarjana Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Dr. Nurdin K., M.Pd., dan Dr. Munir Yusuf, M.Pd.
Penelitian ini membahas strategi yang digunakan dalam pengembangan
program literasi peserta didik SMP di Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: 1) Gambaran program literasi peserta didik SMP di Kota Palopo; 2)
Strategi pengembangan program literasi peserta didik SMP di Kota Palopo; 3)
Kendala dan solusi pengembangan program literasi peserta didik SMP di Kota
Palopo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desktiptif. Data diperoleh
dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
yakni Interpretative Phenomenological Analysis yang terdiri dari tahapan
membaca dan membaca ulang data, pencatatan awal, mengembangkan tema yang
muncul, mencari koneksi di seluruh tema, berpindah ke kasus berikutnya, serta
mencari pola di seluruh kasus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Gambaran program literasi
peserta didik SMP di Kota Palopo: a) Program literasi telah mulai dilaksanakan di
seluruh SMP di kota Palopo dengan berbagai strategi, b) Sudah ada SK Tim
Pengembang Literasi untuk menyukseskan program literasi; c) Program literasi itu
sangat bagus untuk terus diimplementasikan kepada peserta didik; 2) Strategi
pengembangan program literasi peserta didik SMP di Kota Palopo terdiri dari: a)
Tahap pembiasaan dilaksanakan melalui kegiatan 15 menit membaca, menyiapkan
pojok baca dan fasilitas lainnya, menyiapkan bahan bacaan; b) Tahap
pengembangan literasi dilaksanakan melalui kegiatan menceritakan kembali hasil
bacaan, membuat ringkasan hasil bacaan, dan menuliskan kembali hasil bacaan; c)
Tahap pelaksanaan pembelajaran berbasis literasi dilaksanakan melalui kegiatan
menelaah materi pelajaran dari berbagai sumber, melaksanakan kegiatan literasi
digital, memasukkan unsur literasi dalam soal-soal, dan memajang hasil karya
peserta didik; 3) Kendala yang dihadapi dalam pengembangan program literasi
peserta didik: a) Kurangnya minat baca peserta didik; b) Keterbatasan fasilitas
penunjang literasi; c) Masih ada peserta didik yang belum lancar membaca; d)
Belum memahami literasi numerasi dengan baik; e) kurangnya motivasi guru.
Solusi yang ditempuh guru dalam mengatasi kendala dalam program literasi: a)
Berupaya meningkatkan minat baca peserta didik; b) Memberikan bentuk kegiatan
yang lebih bervariasi; c) Memberikan pemahaman tentang pentingnya literasi; d)
memfasilitasi peserta didik untuk melakukan pengamatan langsung.
Kata Kunci: Peserta Didik SMP, Strategi Pengembangan Literasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.401 Manajemen Perencanaan dan Manajemen Strategi
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 10 Nov 2023 07:02
Last Modified: 13 Nov 2023 00:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7823

Actions (login required)

View Item View Item