PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI(SMPN) 3 PALOPO

SULPIANA, SULPIANA (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI(SMPN) 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SULPIANA.pdf] Text
SULPIANA.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Sulpiana, 2023. “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Berbantuan Aplikasi Canva Pada Materi Iman Kepada Kitab�Kitab Allah Di SMPN 3 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Dr. Yusuf Munir, M.Pd. dan
Andi Arif Pamessanggi, S.Pd., M.Pd
Kenyataan di lapangan memperlihatkan bahwa pembelajaran pendidikan
agama Islam di SMPN 3 Palopo masih disajikan secara teoritis dan lebih banyak
berpusat pada guru. Hal tersebut dikarenakan belum tersedianya sumber belajar
yang bervariasi seperti e-modul sehingga menyebabkan kurangnya minat dan
motivasi siswa dalam memahami pembelajaran pendidikan agama Islam. Tujuan
dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan dan
efektivitas media pembelajaran e-modul berbantuan aplikasi canva pada materi
iman kepada kitab-kitab Allah di SMPN 3 Palopo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and
Development). peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima
tahap pengembangan yaitu tahap analysis (analisis), design (desain), development
(pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi).
Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 kota Palopo. Subjek dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas VIII tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara, lembar validasi dan
angket praktikalitas. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa e-modul pendidikan agama Islam
dari segi kevalidan telah memenuhi kriteria valid dengan perolehan skor 81,25%
oleh ahli media, 80% oleh ahli materi dan 64% oleh ahli bahasa. Memenuhi
kriteria praktis dengan perolehan skor 85% oleh pendidik dan 88,8% oleh peserta
didik. E-modul berbantuan aplikasi canva juga efektif digunakan dalam
pembelajaran karena telah diperoleh ketuntasan klasikal 88% tes pilihan ganda.
Dengan demikian e-modul pendidikan agama Islam berbantuan aplikasi canva
pada materi kitab-kitab Allah layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : E-Modul, Iman Kepada Kitab-Kitab Allah, Canva

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 13 Nov 2023 00:27
Last Modified: 13 Nov 2023 00:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7830

Actions (login required)

View Item View Item