HERLINA, HERLINA (2023) PROSES BERPIKIR SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH LANGKAH POLYA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
HERLINA.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Herlina, 2023. “Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah
Matematika Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau dari Adversity Qoutient
(AQ)”. Skrispi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh
St. Zuhaerah Thalhah dan Lisa Aditya Dwiwansyah Musa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Proses berpikir siswa
SMP dengan tipe Climber dalam menyelesaikan masalah. 2) Proses berpikir siswa
SMP dengan tipe Camper dalam menyelesaikan masalah. 3) Proses berpikir siswa
SMP dengan tipe quitter dalam menyelesaikan masalah berdasarkan langkah�langkah Polya, yaitu memahami masalah, menyusun rencana, menyelesaikan
masalah sesuai rencana dan memeriksa hasil yang telah diperoleh.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berfokus kepada
deskripsi. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SMP Negeri 4 Satap Malangke
subjek penetian yaitu siswa kelas VIII. Instrumen Penelitian berupa lembar tes.
Adapun hasil penelitian: 1) Siswa tipe Climber melakukan proses berpikir
yaitu langsung mengidentifikasi apa yang diketahui dan ditanyakan, dalam
Menyusun rencana siswa langsung dapat menentukan langkah dan metode apa
yang digunakan., dalam menyelesaiakn masalah sesuai perencanaan, siswa
langsung menyelesaikan masalah sesuai perencanaan. Memeriksa kembali hasil
yang diperoleh, dengan melihat kesesuaian antara hasil dan hal yang diketahui. 2)
Siswa Camper melakukan proses berpikir yaitu langsung mengidentifikasi apa
yang diketahui dan ditanyakan, dalam Menyusun rencana penyelesaian masalah,
siswa langsung dapat menentukan langkah dan metode apa yang digunakan.
Dalam menyelesaiakn masalah siswa langsung menyelesaikan masalah sesuai
perencanaan, dalam memeriksa hasil yang diperoleh, dengan melihat kesesuaian
antara hasil dan hal yang diketahui. 3) Siswa Quitter melakukan proses berpikir
dalam memahami masalah, yaitu siswa tidak langsung mengidentifikasi apa yang
diketahui dan ditanyakan, dalam Menyusun rencana penyelesaian masalah, siswa
tidak dapat menentukan langkah untuk menyelesaikan masalah, dalam
menyelesaiakn masalah sesuai perencanaan, siswa tidak dapat menyelesaikan
masalah sesuai perencanaan. dalam memeriksa kembali hasil yang diperoleh,
siswa tidak menyelesaikan masalah sehingga tidak hasil dari siswa yang harus
diperiksa kebenaranya.
Kata kunci: Adversity Qoutient, Proses Berpikir, Langkah-langkah Polya,
Pemecahan Masalah,
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 01:29 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 01:40 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7838 |
Actions (login required)
View Item |