PERBANDINGAN METODE SOSIODRAMA DAN METODE SUGESTOPEDIA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV MI AS’ADIYAH NO. 268 BELAWA BARU

ALIMAH, IMMA (2023) PERBANDINGAN METODE SOSIODRAMA DAN METODE SUGESTOPEDIA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV MI AS’ADIYAH NO. 268 BELAWA BARU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of IMMA ALIMAH.pdf] Text
IMMA ALIMAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Imma Alimah, 2023. “Perbandingan Metode Sosiodrama dan Metode
Sugestopedia terhadap Keterampilan Berbicara Siswa kelas IV MI
As‟Adiyah No.268 Belawa Baru”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh H. Sukirman Nurdjan dan
Mirnawati.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perbandingan
keterampilan berbicara siswa kelas IV MI As‟Adiyah Belawa Baru melalui
penerapan dua metode pembelajaran yang berbeda yaitu metode sosiodrama dan
metode sugestopedia. Adapun subjek penelitian terdiri atas kelas IV A sebanyak
31 siswa dan kelas IV B sebanyak 32 siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi
Experimental Design dengan bentuk Two group pretest-postest. Teknik
pengumpulan data, yaitu, instrumen tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen
tes yang digunakan dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk menguji
kelayakansebelum digunakan. Data dianalisis dengan statistik dekskriptif dan
statistik inferensial.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil uji statistik (uji�U) pada pretest kelas eksperimen I dan eksperimen II diperoleh nilai signifikan
sebesar 0,942 > α = 0,05, maka H0 diterima dan H1 ditolak. Artinya, keterampilan
berbicara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II sebelum diberikan perlakuan
tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Sedangkan,
setelah diberikan perlakukan yang berbeda, hasil keterampilan berbicara pada
postest diperoleh signifikan 0,001 α = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya. Hal ini diketahui
bahwa metode sosiodrama lebih unggul dibandingkan metode sugestopedia dalam
meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik kelas IV MI As‟Adiyah
No.268 Belawa Baru.
Kata kunci: Sosiodrama, Sugestopedia, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 13 Nov 2023 01:47
Last Modified: 20 Nov 2023 02:29
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7841

Actions (login required)

View Item View Item