HIDAYAT, IRVAN (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
IRVAN HIDAYAT.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Irvan Hidayat, 2023. “Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam
Pembelajaran di SMP Negeri 5 Palopo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Mawardi dan
Tasdin Tahrim.
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama
Islam dalam Pembelajaran di SMP Negeri 5 Palopo. Penelitian ini bertujuan: 1)
untuk mengetahui implementasi kurikulum pendidikan agama Islam dalam
pembelajaran di SMP Negeri 5 Palopo. 2) untuk mengetahui kendala yang
dihadapi dalam implementasi kurikulum pendidikan agama Islam dalam
pembelajaran di SMP Negeri 5 Palopo. Pendekatan penelitian yang digunakan
adalah pendekatan fenomenologi, pendekatan pedagogik, dan pendekatan
psikologi dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan
keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi metode, triangulasi
sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Implementasi kurikulum pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5
Palopo sudah cukup lama diterapkan sehingga implemenasinya dirasa sudah
maksimal, pengimplementasiannya juga didukung oleh tenaga pendidik yang
sudah telah mengikuti berbagai kegiatan atau workshop sehingga bisa dikatakan
pendidik dalam hal ini profesional. Implementasi kurikulum pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 5 Palopo didahului dengan para pendidik membuat
perangkat pembelajaran seperti prota dan promes yang nantinya akan menjadi
pedoman bagi guru pendidikan Agam Islam dalam pembelajaran. 2) Kendala yang
dihadapi dalam implementasi kurikulum pendidikan Agama Islam yaitu
kecerdasan dan tingkat pengetahuan peserta didik yang kurang. Hal tersebut bisa
terjadi akibat kurangnya motivasi belajar dari diri peserta didik, kurangnya
motivasi belajar peserta didik. Kendala selanjutnya yaitu juga dipengaruhi oleh
tenaga pendidik yang kurang mengerti tentang konsep dalam kurikulum. Tenaga
pendidik masih membutuhkan bimbingan dalam perencanaan perangkat
pembelajaran seperti RPP, silabus, dan lain sebagainya.
Kata Kunci: Implementasi Kurikulum, Kurikulum Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 02:42 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 00:12 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7847 |
Actions (login required)
View Item |