KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALITAS GURU DI SMP NEGERI 9 PALOPO

ASTARI M., MITHA (2023) KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALITAS GURU DI SMP NEGERI 9 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of MITHA ASTARI. M.pdf] Text
MITHA ASTARI. M.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Mitha Astari. M, 2022. “Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam
Mengembangkan Profesionalitas Guru di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 9 Palopo”. Skripsi.
program studi manajemen pendidikan islam, fakultas
tarbiyah dan ilmu keguruan, Pembimbing (I) Dr.
Masmuddin, M. Ag. Pembimbing (II) Nur Rahmah,
S.Pd.I., M.Pd.
Permasalahan pokok dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana tipe-tipe
kepemimpinan kepala sekolah Menengah Pertama Negeri 9 palopo? 2. Bagaimana
pengembangan profesionalitas guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9
Palopo? 3. Bagaimana kontribusi kepala sekolah dalam mengembangkan
profesionalitas guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Palopo? 4. Apa
kendala-kendala kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Palopo. Skripsi ini menggunakan jenis
penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan manajerial. Dalam rangka
mendapatkan data yang dibutuhkan maka penulis menggunakan teknik antara
lain:observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber informasi adalah kepala
sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Palopo dan beberapa guru.
Hasil penelitian mengemukakan bahwa:1. Tipe-tipe kepemimpinan kepala
sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Palopo dengan tipe
kepemimpinan demokratis yaitu memanusiakan manusia, mendengar masukan,
usulan, dan nasihat dari bawahannya, sinergisitas atau kerja sama, memberikan
arahan dan bimbingan kepada bawahannya. 2. Pengembangan profesionalitas guru
Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Palopo diimplementasikan dalam bentuk
kegiatan-kegiatan yaitu seminar pendidikan, pelatihan komputer, MGMP
(Musyawarah Guru Mata Pelajaran), penambahan koleksi buku-buku. 3.
Kontribusi kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 9 Palopo sudah berjalan dengan cukup baik
berdasarkan tanggung jawab dan peran kepala sekolah serta melalui upaya
kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru yaitu
mengikutsertakan guru dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP),
pelatihan untuk guru, seminar pendidikan (Workshop), memberikan supervisi
kepada guru, memberikan motivasi kepada guru. 4. Kendala-kendala kepala
sekolah dalam mengembangkan profesionalitas guru di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 9 Palopo yaitu kurangnya fasilitas pendukung untuk guru,
pemahaman guru terhadap teknologi masih kurang, kurangnya partisipasi
masyarakat untuk kemajuan sekolah, guru kurang berinovasi dalam mengajar.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kontribusi, Kepala Sekolah, Profesionalitas, Guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 13 Nov 2023 03:22
Last Modified: 15 Nov 2023 01:51
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7849

Actions (login required)

View Item View Item