WULANDARI, YEKTI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS XI DI MAS DDI AL-MA’ARIF TOPOYO, KEC. TOPOYO, KAB. MAMUJU TENGAH, PROV. SUL-BAR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
YEKTI WULANDARI.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Yekti Wulandari, 2023. “Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Video
Animasi pada Pembelajaran Al-Qur‟an Hadis Kelas XI di
MAS DDI Al-Ma‟arif Topoyo, Kec. Topoyo, Kab. Mamuju
Tengah, Prov Sul-Bar”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muhaemin dan
Arifuddin.
Penelitian ini membahas tentang pengembangan media audio visual
berbasis video animasi pada pembelajaran al-Qur‟an hadis kelas XI di MAS DDI
al-Ma‟arif Topoyo. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, penelitian
pengembangan media audio visual berbasis video animasi ini di latar belakangi
oleh kurangnya penggunaan media pendukung pada pembelajaran al-Qur‟an
hadis. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui mengembangkan media
audio visual berbasis video animasi pada pembelajaran al-Qur‟an Hadis kelas XI
di MAS DDI al-Ma‟arif Topoyo. 2) Menguji kelayakan media audio visual
berbasis video animasi pada pembelajaran al-Qur‟an Hadis kelas XI di MAS DDI
al-Ma‟arif Topoyo.
Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) sebagai
jenis penelitian. Sedangkan model pengembangan yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan. Adapun tahapan
pada model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan
evaluation. Lokasi penelitian ini dilakukan di MAS DDI al-Ma‟arif Topoyo
kabupaten Mamuju Tengah pada bulan Maret-Mei 2023. Subjek dalam penelitian
ini yaitu peserta didik kelas XI yang berjumlah 23 orang. Instrumen pengumpulan
data dan teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi untuk ahli
media, lembar validasi untuk ahli materi, dan lembar angket respon peserta didik.
Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan cara melakukan uji validasi
atau uji kelayakan media.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses mengembangkan
media audio visual berbasis video animasi pada pembelajaran al-Qur‟an Hadis
kelas XI di MAS DDI al-Ma‟arif Topoyo menggunakan model pengembangan
ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development,
implementation, dan eveluation. 2) Kelayakan media audio visual berbasis video
animasi pada pembelajaran al-Qur‟an Hadis kelas XI di MAS DDI al-Ma‟arif
Topoyo oleh ahli media mendapatkan hasil persentase 94%, 81% oleh ahli materi,
dan 91% diperoleh dari respon peserta didik. Sehingga berdasarkan hasil uji
kelayakan tersebut, disimpulkan bahwa media audio visual berbasis video animasi
pada pembelajaran al-Qur‟an Hadis materi etos kerja pribadi muslim kelas XI di
MAS DDI al-Ma‟arif Topoyo sangat valid/sangat layak digunakan.
Kata kunci: Pengembangan Media Audio Visual, Video Animasi, Pembelajaran
Al-Qur‟an Hadis di MAS DDI al-Ma‟arif Topoyo.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 04:02 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 04:02 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7856 |
Actions (login required)
View Item |