UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK SMAN 5 LUWU MELALUI KEGIATAN LITERASI AL-QUR’AN PADA PEMBELAJARAN PAI

RAHIM, NURFADILA (2023) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK SMAN 5 LUWU MELALUI KEGIATAN LITERASI AL-QUR’AN PADA PEMBELAJARAN PAI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURFADILA RAHIM.pdf] Text
NURFADILA RAHIM.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurfadila Rahim, 2022. “Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Peserta
Didik SMA Negeri 5 Luwu Melalui Kegiatan Literasi Al-Qur‟an Pada
Pembelajaran PAI”.Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Ibu Dr. Kartini., M.Pd dan Bapak Muhammad
Ihsan., S.Pd.,M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang upaya peningkatan kemampuan membaca
al-Qur‟an peserta didik SMA Negeri 5 Luwu melalui kegiatan literasi al-Qur‟an
pada pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
membaca al-Qur‟an pada mata pelajaran PAI pada peserta didik SMAN 5 Luwu
melalui kegiatan literasi al-Qur‟an. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
kelas X.Mipa.3 SMAN 5 Luwu menjadimata pelajaran yang dianggap sepele oleh
peserta didik. Hasil kemampuan membaca al-Qur‟an rata rata nilainya di bawah
standar ketuntasan, karena guru kurang menggunakan metode dan media dalam
proses belajar mengajar sehinggga mengakibatkan rendahnya minat peserta didik
dalam membaca al-Qur‟an. Oleh karena itu guru harus berupaya untuk
meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an peserta didik di SMAN 5 Luwu.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas
X.Mipa.3 SMA Negeri 5 Luwu. Prosedur penelitian ini terdiri atas 4 tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Proses pembelajaran
dilaksanakan dengan melakukan kegiatan literasi al-Qur‟an pada awal
pembelajaran PAI. Untuk mempermudah data, penulis menggunakan teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan observasi aktivitas
guru dan aktivitas peserta didik, selanjutnya tes kemampuan membaca al-Qur‟an.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan membaca al-Qur‟an
peserta didik dikategorikan baik pada siklus 1 dan meningkat menjadi baik sekali
pada siklus 2. Kemudian keaktifan peserta didik pada siklus I juga dikategorikan
(baik) yaitu dengan nilai 78,34. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi (baik
sekali) dengan nilai 87,90. Hasil ketuntasan belajar peserta didik dalam membaca
al- Qur‟an mengalami peningkatan dengan menerapkan kegiatan literasi al-Qur‟an
pada awal pembelajaran, yaitu pada siklus I nilai rata-rata 61,29 dan meningkat
pada siklus II yaitu menjadi 87,90.
Kata Kunci: Membaca al-Qur‟an, Kegiatan Literasi

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 13 Nov 2023 04:13
Last Modified: 13 Nov 2023 04:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7858

Actions (login required)

View Item View Item