PENGARUH METODE DEMONSTRASI DAN TANYA JAWAB TERHADAP PEMAHAMAN MATERI FIQIH PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA PALOPO

MA’WA, JANNATUL (2022) PENGARUH METODE DEMONSTRASI DAN TANYA JAWAB TERHADAP PEMAHAMAN MATERI FIQIH PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of JANNATUL MA’WA.pdf] Text
JANNATUL MA’WA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Jannatul Ma’wa, 2022. “Pengaruh Metode Demonstrasi dan Tanya Jawab
terhadap Pemahaman Materi Fiqih Peserta Didik Kelas VIII di Madrasah
Tsanawiyah Negeri Kota Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Syamsu Sanusi dan Hisbullah.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Metode Demonstrasi dan Tanya
Jawab terhadap Pemahaman Materi Fiqih Peserta didik Kelas VIII di Madrasah
Tsanawiyah Negeri Kota Palopo. Tujuan penelitian: 1) untuk mengetahui
pengaruh metode demonstrasi terhadap pemahaman materi Fiqih. 2) untuk
mengetahui pengaruh metode tanya jawab terhadap pemahaman materi Fiqih. 3)
untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama metode demonstrasi dan tanya
jawab terhadap pemahaman materi Fiqih.
Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif,
dengan populasi peserta didik kelas VIII di MTsN Kota Palopo, yaitu sebanyak
317 orang. Teknik pengambilan sampel simple random sampling dan mengambil
15% dari jumlah populasi yang ada diperoleh sampel 47 peserta didik. Teknik
pengumpulan data: Observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data: uji
validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, uji Koefisien Determinasi, uji t, dan
uji F, dengan bantuan Microsoft Excel 2019 dan SPSS for Windows Ver. 24.
Hasil penelitian: 1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode
demonstrasi terhadap pemahaman materi Fiqih peserta didik. Hasil analisis data
pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa thitung metode demonstrasi = 5,438
lebih besar dari ttabel = 2,015. 2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara
metode tanya jawab terhadap pemahaman materi Fiqih peserta didik. Hasil
analisis data, thitung metode tanya jawab = 7,387 lebih besar dari ttabel = 2,015. 3)
ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara metode
demonstrasi dan metode tanya jawab terhadap pemahaman materi Fiqih peserta
didik, yang ditunjukkan oleh Fhitung = 26,792 lebih besar dari Ftabel = 3,21. Hasil
angka R Square dalam perhitungan di diperoleh 0,549 atau sama dengan 54,9%,
artinya besar pengaruh metode demonstrasi dan metode tanya jawab terhadap
pemahaman materi Fiqih adalah 54% sedangkan sisanya yaitu 46%, dipengaruhi
oleh faktor-faktor penyebab lainnya yang berasal dari luar regresi
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Metode Tanya Jawab, Pemahaman Materi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:00
Last Modified: 15 Nov 2023 02:08
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7860

Actions (login required)

View Item View Item