PENGEMBANGANE-MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBANTUANCANVA PADA MATERI MENGONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN YANG HALAL DAN MENJAUHI YANG HARAM DI SMPN 7 KOTA PALOPO

FIRDAUS, MEGAWATI (2023) PENGEMBANGANE-MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBANTUANCANVA PADA MATERI MENGONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN YANG HALAL DAN MENJAUHI YANG HARAM DI SMPN 7 KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of MEGAWATI FIRDAUS.pdf] Text
MEGAWATI FIRDAUS.pdf

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK
Megawati Firdaus, 2023. “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam Berbantuan Canva pada Materi Mengonsumsi Makanan
dan Minuman yang Halal dan Menjauhi yang Haram di SMPN 7 Kota
Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institit Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh: Dr. Baderiah, M.Ag. dan Muhammad Ihsan, S.Pd.,
M.Pd.
Pengembangan e-modul pembelajaran pendidikan agama Islam
berbantuan canva merupakan salah satu bahan ajar berbasis teknologi yang
membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Terdapat beberapa kendala
yang dihadapi peserta didik dalam proses pembelajaran. Peserta didik kadang sulit
untuk memahami materi pembelajaran, kurang tertarik untuk belajar, menganggap
proses pembelajaran pendidikan agama islam membosankan sehingga
pengetahuan peserta didik masih kurang. Hal tersebut dikarenakan bahan ajar
yang digunakan hanya berupa buku cetak yang tebal dan kurang menarik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan peserta didik
terhadap pengembangan e-modul pembelajaran pendidikan agama Islam, untuk
mengetahui kevalidan e-modul dan untuk mengetahui kepraktisan e-modul.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and
Development). Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima
tahap pengembangan yaitu tahap analysis (analisis), design (desain), development
(pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi).
Penelitian ini dilakukan di SMPN 7 kota Palopo. Subjek dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas VIII B tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan angket praktikalitas. Adapun
teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul pembelajaran
pendidikan agama Islam yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta
didik. Hasil validasi e-modul pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu validasi
ahli media memperoleh persentase 79,16% dengan kriteria valid dan hasil validasi
ahli materi memperoleh persentase 85% dengan kriteria sangat valid. Untuk uji
kepraktisan e-modul yang diperoleh dari pendidik memperoleh persentase 96,5%
dengan kategori sangat praktis dan uji kepraktisan e-modul yang diperoleh dari
peserta didik memperoleh persentase 89,5% dengan kategori sangat praktis.
Maka, e-modul pembelajaran pendidikan agama Islam berbatuan canva pada
materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram
layak digunakan dalam proses pembelajaran.
kata kunci: Pengembangan, E-Modul, Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam, Canva, Makanan dan Minuman yang Halal dan Haram, SMPN 7 Kota
Palopo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 13 Nov 2023 07:54
Last Modified: 14 Nov 2023 01:22
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7865

Actions (login required)

View Item View Item