RAFIKA, RAFIKA (2023) MANAJEMEN STRATEGI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK (STUDY KASUS PADA MTs SATU ATAP AL-QASHASH TOBEA KECEMATAN PONRANG SELATAN KABUPATEN LUWU). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
RAFIKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSRTAK
Rafika, 2022 “Manajemen Strategi Bimbingan dan Konseling dalam
Pembentukan Konsep Diri Peserta Didik (Study Kasus
MTs. SA. Al-Qashash Tobea Kecematan Ponrang Selatan
Kabupaten Luwu)”. Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh
Taqwa, dan Alimuddin.
Skripsi ini membahas tentang Manajemen Strategi Bimbingan dan
Konseling dalam Pembentukan Konsep Diri Peserta Didik MTs. SA. Al-Qashash
Tobea Kecematan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan:
Untuk mengetahui konsep diri peserta didik di MTs. SA. Al-Qashash Tobea;
Untuk mengetahui manajemen strategi guru bimbingan dan konseling di MTs.
SA. Al-Qashash Tobea dalam pembentukan konsep diri peserta didik; Untuk
mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembentukan konsep diri peserta
didik di MTs. SA. Al-Qashash Tobea.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang
menggambarkan secara fakta. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru
BK, Wali kelas dan Siswa. Data penelitian diperoleh melalui wawancara,
dokumentasi, dan observasi dengan analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kondisi konsep diri peserta didik
MTs. SA. Al-Qashash Tobea pada cukup baik, karena konsep diri peserta didik
MTs. SA. Al-Qashash Tobea dibentuk dengan cara memberikan layanan
konseling kepada para peserta didik, dan manajemen strategi sekolah BK dalam
pembentukan konsep diri peserta didik MTs. SA. Al- Qashash Tobea dilakukan
dengan memberikan layanan bimbingan dan konseling secara individu dan
membentuk komunikasi yang baik dengan peserta didik agar lebih teratur dalam
mengatasi permasalahan yang dialami peserta didik. Selanjutnya faktor
pendukung yang berperan aktif adalah Guru BK, kepala sekolah, wali kelas,
anggota guru lainnya dan siswa untuk bekerjasama dalam pembentukan konsep
diri peserta didik MTs. SA. Al-Qashash Tobea dan faktor penghambatnya faktor
lingkungan karena tidak terkontrolnya pergaulan peserta didik MTs. SA. Al�Qashash Tobea oleh Guru BK diluar jam sekolah.
Kata Kunci: Manajemen Strategi Guru BK, Konsep diri, Peserta didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 00:54 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 00:54 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7866 |
Actions (login required)
View Item |