PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN VIRAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA SKINCARE DI KALANGAN MAHASISWA FEBI IAIN PALOPO

KHATIMAH, NUR (2023) PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN VIRAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA SKINCARE DI KALANGAN MAHASISWA FEBI IAIN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of NUR KHATIMAH (MBS 2019).PDF] Text
NUR KHATIMAH (MBS 2019).PDF

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Khatimah, 2023. "Pengaruh Influencer Marketing dan Viral Marketing
terhadap Loyalitas Pengguna Skincare di Kalangan Mahasiswa FEBI
IAIN Palopo". Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Edi Indra Setiawan.
Jumlah pengguna skincare di Indonesia terus mengalami peningkatan. Skincare
adalah rangkaian produk yang digunakan untuk merawat kulit wajah. Masyarakat
mulai menyadari akan pentingnya merawat kulit wajah agar tetap sehat dengan
menggunakan produk rangkaian skincare dari brand tertentu. Industri kecantikan
semakin berkembang dengan tren dan konsumen yang beragam. Hal tersebut
mendorong pelaku usaha untuk terus meningkatkan strategi pemasaran agar
produk yang ditawarkan dikenal dan digunakan oleh masyarakat luas. Terdapat
beberapa pilihan strategi pemasaran yang dapat digunakan pelaku usaha agar
produk memiliki pasar yang luas dan memiliki konsumen yang loyal. Untuk itu,
penulis melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh influencer
marketing dan viral marketing terhadap loyalitas pengguna skincare di kalangan
mahasiswa FEBI IAIN Palopo secara signifikan dan simultan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan Kuantitatif, dan telah dilakukan penelitian pada 1-10
April 2023. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa FEBI IAIN Palopo.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Non-Probability Sampling dengan
metode Purposive Sampling. Sampel yang digunakan, 100 mahasiswa. Data
diperoleh melalui kuesioner kemudian dianalisis menggunakan Regresi Linear
Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Influencer Marketing (X1)
berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y), Viral Marketing
(X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y), dan
secara simultan Influencer Marketing (X1) dan Viral Marketing (X2) berpengaruh
terhadap loyalitas konsumen (Y).
Kata Kunci: Influencer Marketing, Loyalitas Konsumen, dan Viral Marketing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 14 Nov 2023 01:33
Last Modified: 14 Nov 2023 01:33
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7870

Actions (login required)

View Item View Item