PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGIC CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTs KEPPE KECAMATAN LAROMPONG KABUPATEN LUWU

ICHSAN, RAHMI (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGIC CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTs KEPPE KECAMATAN LAROMPONG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of skripsi Rahmi (2).pdf] Text
skripsi Rahmi (2).pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmi Ichsan, 2023.“Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis
Technological Pedagogical Content Knowledge Pada Materi
Statistika Kelas VIII MTs Keppe Kecematan Larompong
Kabupate Luwu” Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Muh. Hajarul Aswad dan
Sumardin Raupu.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan modul pembelajaran yang
berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada materi
statistika di kelas VIII MTs Keppe Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu.
Tujuan dari penelitian adalah untuk menilai kelayakan dan efektivitas
pengembangan modul pembelajaran matematika yang berbasis Technological
Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada materi statistika di kelas VIII MTs
Keppe Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian
Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Metode R&D adalah pendekatan yang
digunakan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas suatu produk atau
inovasi dalam konteks pendidikan.
Modul pembelajaran yang dibangun berdasarkan konsep TPACK
menunjukkan kualitas yang sangat layak digunakan, yang dapat dilihat dari
validitasnya dengan nilai rata-rata 85% oleh ahli media dalam kategori sangat valid,
serta 87,5% oleh ahli materi dalam kategori yang sama. Uji praktikalitas juga
mendukung dengan persentase 91% dalam kategori sangat praktis. penggunaan
modul pembelajaran ini terbukti sangat efektif, dengan mencapai tingkat efektivitas
sebesar 89,5% yang masuk dalam kategori sangat efektif.
Dengan simpulan ini, implikasi penelitian ini memberikan pandangan
tentang potensi positif dari pengembangan modul pembelajaran berbasis TPACK
dan dampaknya terhadap kualitas pembelajaran, hasil belajar siswa, serta
pengembangan kompetensi guru dalam pendidikan matematika.
Kata kunci: Modul Pembelajaran, TPACK dan statistika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 15 Nov 2023 00:44
Last Modified: 15 Nov 2023 00:44
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7892

Actions (login required)

View Item View Item