SARI, NOVITA (2023) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Skripsi Novita.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Novita Sari, 2023. “ Upaya Guru Al-Qur’an Hadis dalam Mengatasi Kesulitan
Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas X di MAN Palopo” Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr.
Nurdin K., M.Pd., dan Sudirman, S.Ag., M.Pd.
Penelitian ini membahas tentang Upaya Guru Al-Qur‟an Hadis dalam
Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur‟an Peserta Didik Kelas X di MAN Palopo.
Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui gambaran kesulitan membaca al�Qur‟an peserta didik kelas X di MAN Palopo; 2. Untuk mengetahui upaya guru
al-Qur‟an hadis mengatasi kesulitan membaca al-Qur‟an peserta didik kelas X di
MAN Palopo; 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru
mengatasi kesulitan membaca al-Qur‟an peserta didik kelas X di MAN Palopo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan pedagogik
dengan jenis penelitian kualitatif deskriftif. Sumber data berasal dari hasil
wawancara guru al-Qur‟an hadis dan peserta didik. Teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan pengumpulan data dengan mereduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Gambaran kesulitan
membaca al-Qur‟an peseta didik kelas X di MAN Palopo yaitu, peserta didik
kesulitan pada penerapan makhraj dan tajwidnya. 2. Upaya guru al-Qur‟an hadis
mengatasi kesulitan membaca al-Qur‟an peserta didik kelas X di MAN Palopo
yaitu, guru al-Qur‟an hadis membiasakan peserta didik membaca al-Qur‟an
sebelum pembelajaran dimulai, guru al-Qur‟an hadis memberikan tugas hafalan
surah-surah pendek dan guru mengarahkan kepada orang tua untuk mendatangkan
guru privat khusus mengajarkan al-Qur‟an. 3. Faktor pendukung dan penghambat
guru dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur‟an peserta didik kelas X di
MAN Palopo yaitu, Peneliti menemukan yang menjadi faktor pendukung dalam
mengatasinya yaitu: keterampilan dan kemampuan guru menyampaikan
pembelajaran dalam kelas dan bakat serta minat peserta didik dalam membaca al�Qur‟an. Adapun beberapa hambatanya yaitu: terbatasnya alokasi waktu belajar al�Qur‟an hadis, kurangnya pengetahuan membaca al-Qur‟an peserta didik dari
sekolah sebelumnya dan kurangnya ketersediaan al-Qur‟an pada setiap kelas.
Kata kunci: Upaya Guru Al-Qur‟an Hadis, Kesulitan Membaca Al-Qur‟an
Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 03:12 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 03:12 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7908 |
Actions (login required)
View Item |