Muh. Aditya A.W, Muh. Aditya A.W (2023) PENGARUH WAWASAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT PENGGUNAAN PRODUK BANK SYARIAH DI KELURAHAN SABBAMPARU KECAMATAN WARA UTARA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Muh. Aditya A.W..pdf
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Muh. Aditya A.W, 2023. “Pengaruh Wawasan Masyarakat Terhadap Minat 
Penggunaan Produk Bank Syariah Di Kelurahan 
Sabbamparu Kecamatan Wara Utara Kota Palopo”. Skripsi 
Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan 
Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing 
oleh Akbar Sabani.
Penelitian ini membahas tentang pengaruh wawasan masyarakat terhadap minat 
penggunaan produk bank syariah. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk 
menganalisis pengaruh wawasan masyarakat (X) terhadap minat penggunaan 
produk bank syariah (Y) di Kelurahan Sabbamparu Kecamatan Wara Utara Kota 
Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yaitu dengan 
teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Populasi yang ada pada 
penelitian ini berjumlah 2.755 orang dan sampel dalam penelitian ini yaitu semua
masyarakat Kelurahan Sabbamparu yang memiliki KTP, yaitu 96 orang yang
dijumlah menggunakan rumus slovin. Tahapan dalam teknik pengelolaan dan 
analasis data yakni uji validitas dan uji reliabillitas. Selanjutnya, dilakukan uji 
asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heterokedastisitas dan uji 
linearitas. Kemudian penelitian ini menggunakan teknik analisis regesi linear
sederhana dan memakai uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji koefisien 
determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan 
antara wawasan masyarakat terhadap minat penggunaan produk bank Syariah, hal 
ini dapat dilihat dari nilai thitung = 5,152 dan ttabel = 1,661. Maka dapat ditarik 
kesimpulan bahwa thitung>ttabel (5,152 > 1,661) atau nilai signifikan 0,000 < 0,05. 
Yang artinya, H0 diolak dan H1 diterima dengan demikian variabel wawasan 
masyarakat (X) secara parsial berpengaruh terhadap minat penggunaan produk 
bank syariah (Y) dan berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2
) nilai adjusted 
R Square sebesar 0,212 atau 21,2 %. Yang artinya pengaruh variabel wawasan 
masyarakat (X) terhadap variabel minat penggunaan produk bank Syariah (Y) 
sebesar 21,2%. Sedangkan sisanya yaitu 78,8% yang mempengaruhi minat 
penggunaan produk bank Syariah dijelaskan oleh variabel lain yang tidak 
disebutkan dalam penelitian ini atau sebab lain diluar model.
Kata kunci: Bank Syariah, Minat, Wawasan Masyarakat
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan | 
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 16 Nov 2023 00:48 | 
| Last Modified: | 16 Nov 2023 00:48 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7916 | 
