PENGARUH WAWASAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT PENGGUNAAN PRODUK BANK SYARIAH DI KELURAHAN SABBAMPARU KECAMATAN WARA UTARA KOTA PALOPO

Muh. Aditya A.W, Muh. Aditya A.W (2023) PENGARUH WAWASAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT PENGGUNAAN PRODUK BANK SYARIAH DI KELURAHAN SABBAMPARU KECAMATAN WARA UTARA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of Muh. Aditya A.W..pdf] Text
Muh. Aditya A.W..pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Muh. Aditya A.W, 2023. “Pengaruh Wawasan Masyarakat Terhadap Minat
Penggunaan Produk Bank Syariah Di Kelurahan
Sabbamparu Kecamatan Wara Utara Kota Palopo”. Skripsi
Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Akbar Sabani.
Penelitian ini membahas tentang pengaruh wawasan masyarakat terhadap minat
penggunaan produk bank syariah. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh wawasan masyarakat (X) terhadap minat penggunaan
produk bank syariah (Y) di Kelurahan Sabbamparu Kecamatan Wara Utara Kota
Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yaitu dengan
teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Populasi yang ada pada
penelitian ini berjumlah 2.755 orang dan sampel dalam penelitian ini yaitu semua
masyarakat Kelurahan Sabbamparu yang memiliki KTP, yaitu 96 orang yang
dijumlah menggunakan rumus slovin. Tahapan dalam teknik pengelolaan dan
analasis data yakni uji validitas dan uji reliabillitas. Selanjutnya, dilakukan uji
asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heterokedastisitas dan uji
linearitas. Kemudian penelitian ini menggunakan teknik analisis regesi linear
sederhana dan memakai uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji koefisien
determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan
antara wawasan masyarakat terhadap minat penggunaan produk bank Syariah, hal
ini dapat dilihat dari nilai thitung = 5,152 dan ttabel = 1,661. Maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa thitung>ttabel (5,152 > 1,661) atau nilai signifikan 0,000 < 0,05.
Yang artinya, H0 diolak dan H1 diterima dengan demikian variabel wawasan
masyarakat (X) secara parsial berpengaruh terhadap minat penggunaan produk
bank syariah (Y) dan berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2
) nilai adjusted
R Square sebesar 0,212 atau 21,2 %. Yang artinya pengaruh variabel wawasan
masyarakat (X) terhadap variabel minat penggunaan produk bank Syariah (Y)
sebesar 21,2%. Sedangkan sisanya yaitu 78,8% yang mempengaruhi minat
penggunaan produk bank Syariah dijelaskan oleh variabel lain yang tidak
disebutkan dalam penelitian ini atau sebab lain diluar model.
Kata kunci: Bank Syariah, Minat, Wawasan Masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 Nov 2023 00:48
Last Modified: 16 Nov 2023 00:48
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7916

Actions (login required)

View Item View Item