JUSRI, MUH. ALIM (2023) PENGARUH MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH SE-KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
MUH. ALIM JUSRI (MPI 2018).PDF Download (961kB) |
Abstract
ABSTRAK
MUH. ALIM JUSRI 2023. “Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah Terhadap
Kinerja Guru Pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Se- Kecamatan Suli Kabupaten Luwu”. Skripsi program studi manajemen
pendidikan islam, fakultas fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan institut
agama islam negeri palopo. Dibimbing oleh Hj. Fauziah Zainuddin dan
Sumardin Raupu. Skripsi ini membahas tentang pengaruh manajemen kepala sekolah terhadap
kinerja guru. Penelitian ini terdiri dari tiga tujuan yaitu untuk mengetahui
manajemen kepala sekolah, kinerja guru dan pengaruh manajemen kepala sekolah
terhadap kinerja guru. Jenis penelitian yang digunakan untuk mengkaji penelitian mengenai pengaruh
manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP/MTs Se-Kecematan Suli
Kabupaten Luwu menggunakan penelitian kuantitatif. Adapun jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian dengan expost facto. Dalam penelitian ini
menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian
ini yaitu guru di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Se- Kecamatan Suli Kabupaten Luwu dan jumlah sampel dalam penelitian ini
sebanyak 51 orang. Penulis menggunakan kuesioner dalam mengumpulkan data
dan dianalisis dengan regresi linier sederhana menggunakan program Statistical
Package for Social Science (SPSS).
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Berdasarkan hasil analisis yang
dilakukan oleh peneliti, ditemukan bahwa manajemen kepada sekolah SMP/MTs
Se-Kecamatan Suli Kabupaten Luwu dikategorikan sangat tinggi. (2) kinerja guru
dalam kegiatan Pendidikan di SMP/MTs Se-Kecamatan Suli Kabupaten Luwu
cukup baik, yang dimana guru memiliki kemampuan yang sangat baik dalam
menyusun perangkat pembelajaran sebelum melakukan proses pengajaran kepada
siswa, menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara kontekstual
atau sesuai dengan kondisi siswa dan menyajikan berbagai macam materi
pembelajaran yang menarik bagi siswa. Selain itu juga ditemukan bahwa materi
yang diberikan kepada siswa tentunya dikuasai dengan baik oleh guru, sehingga
dapat mengembangkan materi pembelajaran agar dapat memudahkan siswa dalam
memahami materi tersebut. (3) nilai t-hitung sebesar 1.928 dengan tingkat sig.
0,05. Hasil ini mempunyai arti bahwa nilai t-hitung sebesar 1.928 < dari nilai t�tabel 2.571 dengan tingkat sig. 0.005 lebih kecil dibandingkan 0.05. Pengaruh
variabel manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 75.4%
sedangkan sisanya yaitu 24.6% dipengaruhi oleh variabel lain. Data ini
membuktikan bahwa H1 di terimah dengan ini terdapat pengaruh yang signifikan
antara manajemen kepala madrasa terhadap kinerja guru SMP/MTs Se-Kecamatan
Suli Kabupaten Luwu.
Kata Kunci: Manajemen Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 02:18 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 02:18 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7931 |
Actions (login required)
View Item |