JANNAH, MIFTAHUL (2023) KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 7 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
SKRIPSI_MIFTAHUL_JANNAH.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
MIFTAHUL JANNAH, 2023. “ Penalaran Siswa dalam Pembelajaran
Matematika Menggunakan Pendekatan Realistik pada Materi Aritmatika
Sosial Siswa Kelas VII A SMP Negeri 7 Palopo”. Skripsi Program Studi
Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Taqwa dan Dwi Risky Arifanti.
Penelitian ini membahas tentang penalaran siswa dalam pembelajaran
matematika menggunakan pendekatan realistik pada materi aritmatika. Tujuan
penelitian ini adalah: “(1) mengetahui kemampuan penalaran siswa menggunakan
pendekatan realistik pada materi aritmatika sosial siswa yang berkemampuan
tinggi. (2) mengetahui kemampuan penalaran siswa menggunakan pendekatan
realistik pada materi aritmatika sosial siswa yang berkemampuan sedang. (3)
mengetahui kemampuan penalaran siswa menggunakan pendekatan realistik pada
materi aritmatika sosial siswa yang berkemampuan rendah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
dengan subjek penelitian siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Palopo. Metode
yang digunakan meliputi observasi, tes dan wawancara. Tes tertulis diikuti oleh
28 responden, dari hasil reduksi data diambil 3 orang siswa pada kemampuan
penalaran matematis. Dimana setiap 1 orang mewakili masing-masing kategori
kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan model Milles dan Huberman. Meliputi 3 kegiatan yang dilalukan
secara bersamaan yaitu reduksi data, penyejian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah siswa dengan kemampuan tinggi
mampu mengerjakan tes dengan memenuhi setiap indikator penalaran. Siswa
dengan kemampuan sedang sudah mampu menyelesaikan tes namun masih ada
beberapa tes dan indikator tidak dikerjakan, siswa dengan kemampuan rendah
kurang mampu mengerjakan tes penalaran, seperti pada indikator menipulasi
matematika dan menarik kesimpulan dari pernyataan.
Kata kunci : kemampuan penalaran matematis, pembelajaran matematika,
pendekatan realistik, aritmatika sosial.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 02:58 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 02:58 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7937 |
Actions (login required)
View Item |