ANALISIS PENGGUNAAN FITUR TIKTOK SHOP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z KOTA PALOPO

MARYANTI, WIWIN (2023) ANALISIS PENGGUNAAN FITUR TIKTOK SHOP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Wiwin Maryanti_1904020087.pdf] Text
Wiwin Maryanti_1904020087.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Wiwin Maryanti, 2023. “Analisis Penggunaan Fitur Tiktok Shop Terhadap
Perilaku Konsumtif Generasi Z Kota Palopo”. Skripsi Program
Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Zainuddin
perkembangan teknologi telah melahirkan banyak platform ecommerce yang
membawa dampak pada perilaku konsumen. Kemudahan dan kepraktisan yang
ditawarkan pada saat belanja online membuat masyarakat komsumtif terutama
generasi muda saat ini. Berbagai platform ecommerce telah berkembang pada saat
ini salah satunya yaitu diluncurkanya fitur TikTok Shop dengan berbagai
kemudahan yang disuguhkan dalam fitur tersebut juga menjadi kebiasaan
berbelanja masyarakat sehingga ketagihan belanja secara online merupakan efek
samping yang tidak direncanakan sehingga menimbulkan perilaku kosumtif pada
Gen Z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan populasi generasi
Z Kota Palopo. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner yang diisi oleh
responden melalui google from, kemudian data dianalisis menggunakan analisis
regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara penggunaan fitur TikTok Shop terhadap perilaku konsumtif
dengan Thitung = 8,288 dibandingkan dengan Ttabel dengan tingkat signifikansi
5% yaitu. 1.978. Karena nilai t- hitung > t-tabel (8,288 > 1,987), dan tingkat
signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,005), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima
yang berbunyi ada pengaruh antara fitur TikTok Shop terhadap perilaku
konsumtif generasi Z di Kota Palopo. Kemudian dihasilkan koefisien determinasi
sebesar 0,412 atau 41,2%, artinya TikTok Shop berpengaruh 41,2% terhadap
perilaku konsumtif generasi Z dan sisanya 58,8% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, TikTok Shop, Generasi Z.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:17
Last Modified: 16 Nov 2023 03:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7940

Actions (login required)

View Item View Item