PENGARUH KINERJA GURU MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 PALOPO

Padaunan, Mildayani (2023) PENGARUH KINERJA GURU MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of Mildayani Padaunan.pdf] Text
Mildayani Padaunan.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Mildayani Padaunan, 2023 “Pengaruh Kinerja Guru Matematika Terhadap
Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Palopo”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing
Oleh Nurdin K dan Megasari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kinerja guru matematika dan
motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Palopo. 2) Pengaruh
kinerja guru matematika terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII
SMP Negeri 10 Palopo.
Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat korelasional.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 10 Palopo. Sampel
dalam penelitian ini adalah kelas VII A SMP Negeri 10 Palopo, sampel yang
digunakan sebanyak 15 siswa. Data diperoleh melalui observasi dan pembagian
angket. Selanjutnya, data diolah menggunakan analisis statistik deskriptif, statistik
inferensial, dan regresi linear sederhana untuk kinerja guru dan motivasi belajar
matematika siswa.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 1) kinerja guru matematika
dalam melakukan pembelajaran melalui indikator kemampuan menyusun rencana
pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melaksanakan hubungan antar pribadi
dan melaksanakan penilaian hasil belajar termasuk dalam kategori baik dengan
persentase rata-rata sebesar 68.1% dan motivasi belajar matematika siswa yang
dinilai berdasarkan indikator adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil, senang
mencari dan memecahkan persoalan, dapat mempertahankan pendapat dan senang
bekerja mandiri berada pada kategori baik dengan persentase 69%. 2) dari hasil
kinerja guru dan motivasi belajar matematika siswa diperoleh adanya pengaruh
yang signifikan sebesar 96.4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang
tidak disebutkan dalam penelitian ini.
Kata kunci: Kinerja Guru, Motivasi Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 17 Nov 2023 01:21
Last Modified: 17 Nov 2023 01:21
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7966

Actions (login required)

View Item View Item