PENGARUH PERSEPI, PROMOSI, BAGI HASIL DAN PRODUK TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI MASYARAKAT KECAMATAN WARA UTARA KOTA PALOPO)

Anugrah, Andini Dhea (2023) PENGARUH PERSEPI, PROMOSI, BAGI HASIL DAN PRODUK TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI MASYARAKAT KECAMATAN WARA UTARA KOTA PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of Andini Dhea Anugrah.pdf] Text
Andini Dhea Anugrah.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Andini Dhea Anugrah, 2023.“Pengaruh Persepsi, Promosi, Bagi Hasil dan
Produk Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi
Masyarakat Kecamatan Wara Utara Kota Palopo)”. Dibimbing
Oleh M. Ikhsan Purnama, S.E.Sy., M.E
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi, promosi, bagi hasil,
dan produk berpengaruh terhadap minat menabung di bank syariah. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi sebesar 1.316 orang
nasabah yang menggunakan bank msyariah di kecamatan wara utara dengan
jumlah sampel sebanyak 93 responden didapat dengan menggunakan rumus
slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu
analisis regresi berganda dengan bantuan softwere SPSS versi 26. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa : 1) Variabel persepsi persepsi secara parsial berpengaruh
signifikan dan positif terhadap minat menabung. Sehingga semakin baik persepsi
masyarakat maka semakin meningkat minat menabung masyarakat terhadap bank
syariah. 2) Variabel promosi secara parsial berpengaruh signifikan dan positif
terhadap minat menabung. Sehingga semakin baik promosinya maka semakin
meningkat minat menabung masyarakat terhadap bank syariah. 3) Variabel bagi
hasil secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat menabung.
Ini membuktikan semakin tinggi bagi hasil bank syariah dapat meningkatkan
minat menabung masyarakat. 4) Variabel produk secara parsial berpengaruh
signifikan dan positif terhadap minat menabung. Semakin baik produk yang
ditawarkan, maka semakin meningkat pula minat masyarakat menabung di bank
syariah. 5) Variabel persepsi, promosi, bagi hasil, dan produk secara simultan
berpengaruh terhadap variabel minat menabung (Y). Hasil Uji Determinasi, yang
diketahui nilai R Square (R2
) sebesar 51,8% dengan sisanya sebesar 48,2%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Persepsi, Promosi, Bagi Hasil, Produk dan Minat Menabung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Nov 2023 00:58
Last Modified: 20 Nov 2023 00:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7977

Actions (login required)

View Item View Item