PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FIQH KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO

SUPRIADI, SUPRIADI (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FIQH KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SUPRIADI.pdf] Text
SUPRIADI.pdf

Download (755kB)

Abstract

ABSTRAK
Supriadi, 2022. Penerapan Strategi Pembelajaran Lightening The Learning
Climate Penerapan Strategi Pembelajaran Lightening The
Learning Climate Dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik
Pada Pembelajaran Fiqh Kelas X Madrasah Aliyah Negeri
Palopo. “Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo”. Dibimbingan oleh: (1) Syamsu Sanusi, dan (2)
Tasdin Tahrim.
Skripsi ini adalah studi tentang Penerapan Strategi Pembelajaran
Lightening The Learning Climate Penerapan Strategi Pembelajaran Lightening
The Learning Climate Dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada
Pembelajaran Fiqh Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Tujuan penelitian:
1) Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran lightening the learning
climate pada pembelajaran fiqh di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Palopo, 2)
Untuk mengetahui aktivitas peserta didik yang menerapkan strategi pembelajaran
lightening the learning climate pada pembelajaran fiqh di kelas X Madrasah
Aliyah Negeri Palopo dan 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat penerapan strategi lightening the learning climate dalam
meningkatkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran fiqh di kelas X
Madrasah Aliyah Negeri Palopo.
Jenis penelitian adalah jenis field reaserch dengan deskriptif kualitatif.
Lokasi di MAN Palopo dan waktu penelitian dimulai pada tanggal 24 Agustus
sampai 24 September 2022. Subjek penelitian yaitu: Guru Pendidikan Agama
Islam (guru Fiqh kelas X) Madrasah Aliyah Negeri Palopo, Kepala sekolah,
peserta didik berjumlah 8 orang. Instrumen penelitian yaitu alat tulis, alat perekam
dan handphone. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data (reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan).
Hasil penelitian: 1) Penerapan strategi pembelajaran lightening the
learning climate pada pembelajaran fiqh di kelas X Madrasah Aliyah Negeri
Palopo: (a) Menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, (b) Guru
menguasai materi pelajaran yang akan diajarkan, (c) Guru memberikan penjelasan
dengan contoh kasus yang terjadi dilingkungan sekitar dan (d) Memperbanyak
praktek. 2) Aktivitas peserta didik yang menerapkan strategi pembelajaran
lightening the learning climate pada pembelajaran fiqh di kelas X Madrasah
Aliyah Negeri Palopo: (a) Siswa bertanya kepada guru setelah menjelaskan materi
pelajaran, (b) Peserta didik berdiskusi dalam kelas sesuai materi yang dipelajari,
(c) Peserta didik melakukan praktek setelah mempelajari materi dan (d) Peserta
didik menyimak penjelasan dari guru. 3) Faktor pendukung dan penghambat
penerapan strategi lightening the learning climate dalam meningkatkan keaktifan
peserta didik pada pembelajaran fiqh di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Palopo:
Faktor Pendukung: (a) Sarana prasaran yang memadai, (b) Minat belajar siswa
dan (c) Motivasi belajar siswa, Faktor Penghambat: (a) Karakter peserta didik
yang sangat beragam dalam kelas dan (b) Metode belajar siswa pasca pandemi
covid-19.
xix
Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran Lightening the Learning Climate, Keaktifan
Peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:11
Last Modified: 20 Nov 2023 01:11
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7978

Actions (login required)

View Item View Item