PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 17 LUWU)

Asnur, Syahril (2020) PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 17 LUWU). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of Syahril Asnur.pdf] Text
Syahril Asnur.pdf

Download (968kB)

Abstract

ABSTRAK
Syahril Asnur 2020 : Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran
Agama Islam (studi kasus pada Sekolah Menengah Atas di
SMA Negeri 17 Luwu)
Skripsi ini membahas tentang pemanfaatan media audio visual dalam
pembelajaran pendidikan agama islam studi kasus pada sekolah menengah atas di
SMA Negeri 17 Luwu.Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan
miles dan huberman dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Pengecekan kesahan data digunakan dengan uji triangulasi. Hasil
penelitian menunjukkan, Program pengembangan sikap persatuan dan kerukunan
meliputi: persatuan dan kerukunan siswa di SMA Negeri 17 Luwu meliputi
beberapa aspek yaitu: Mencegah terjadinya pertengkaran dan perselisihan,
menciptakan rasa persatuan dan kesatuan, menciptakan rasa aman dan damai,
menciptakan hubungan yang baik. Hubungan dengan diri sendiri mematuhi tata
tertib sekolah. Pendekatan dan langkah-langkah yang dikembangkan guru
Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan sikap persatuan dan kerukunan siswa
meliputi: Pendekatan personal, teladan, pembiasaan, pemberian hukuman. Faktor
pendukung dan penghambat pembinaan sikap persatuan dan kerukunan siswa,
faktor pendukung yaitu: adanya kesadaran dalam diri siswa, teladan dalam diri
guru, metode pembelajaran, kerjasama dan dukungan dari orang tua, sarana dan
prasarana. Sedangkan factor penghambatnya adalah: Kurangnya jam
matapelajaran PAI, penyalahgunaan handphone, lingkungan siswa, latar belakang
studi yang kurang mendukung, terbatasnya pengawasan pihak sekolah. Implikasi
dari penelitian ini ialah dengan memanfaatan media audio visual dapat
memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran pendidikan agama
islam yang disampaikan oleh guru, selain itu pemanfaatan media audio visual
mampu memmbentuk pembelajaran semakin menarik perhatian siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:32
Last Modified: 21 Nov 2023 03:32
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7994

Actions (login required)

View Item View Item