PRATIWI, CINDI (2022) IMPLEMENTASI PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN PADA SANTRI (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN MODERN DATOK SULAIMAN PUTRI KOTA PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
CINDI PRATIWI.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Cindi Pratiwi, 2022. “Implementasi Pembinaan Karakter Disiplin pada Santri (Studi
kasus pondok Pesantren Datok Sulaiman Putri Kota Palopo)” Skripsi Program
Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh H. Rukman A.R. Said dan
M. Ilham
Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan pembinaan karakter disiplin dalam
membangun kedisiplinan santri pada Pondok Pesantren Modern Datok Sulaiman Putri di
Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Pembinaan karakter
disiplin dengan nilai-nilai kepesantrenan pada pondok Pesantren Modern Datok Sulaiman
Putri di Kota Palopo. Penelitian ini merupakan riset lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
Pertama, bentuk pembinaan karakter disiplin yaitu memberikan nasehat yang
menyenangkan, mengajarkan santri agar melakukan amal dengan tidak memaksa,
menegur dengan penuh kesabaran. Metode keteladanan, pembina dan guru berusaha
menjadi pendidik yang profesional dan menjadi teladan bagi peserta didik, peningkatan
kompetensi tenaga pendidik senantiasa dilakukan melalui pelatihan dan diklat guna
mengefektifkan pembinaan keagamaan peserta didik. Metode pembiasaan, dengan
membiasakan santri agar bersikap sesuai dengan yang diinginkan. Pembiasaan ibadah
wajib dan sunnah, amanah-amanah pada tugas piket santri yang dapat melatih
kemandirian serta tanggung jawab santri, dan juga sikap-sikap yang lainnya. Metode
reward dan punishment, metode dalam pemberian reward bagi yang tidak lalai dalam
mengikuti aturan santri dan punishment akan di berikan kepada santri yang tidak disiplin
mulai dari teguran sampai pada hukuman berat. Kedua, faktor Pendukung; memiliki
pembina dan guru yang berkompeten, sarana dan prasarana yang memadai, kinerja yang
baik dari pengurus dan pengajar, proses pembelajaran yang baik dan berkualitas,
dukungan positif dari orang tua, dukungan masyarakat setempat. Kemudian faktor
penghambat, kurangnya sumber daya di asrama, masih terdapat sebagian santri yang
belum disiplin karena masih sulit untuk menerima aturan.
Kata Kunci: Implementasi, Pembinaan, Karakter Disiplin Santri
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 02:43 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 02:43 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8000 |
Actions (login required)
View Item |