MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK UMUR 5-6 TAHUN DI TK LIBUKANG PERMAI KOTA PALOPO

UTAMI, AZZAKYAH FITRI (2022) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK UMUR 5-6 TAHUN DI TK LIBUKANG PERMAI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of AZZAKYAH FITRI UTAMI.pdf] Text
AZZAKYAH FITRI UTAMI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
AZZAKYAH.FITRI.UTAMI,.2022.“Meningkatkan Perkembangan Sosial
Emosional Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Umur 5-6
Tahun di TK Libukang Permai Kota Palopo”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Hj. Nursyamsi, dan Lisa Aditiya Dwiwansyah Musa
Skripsi ini membahas tentang Perkembangan Sosial Emosional melalui
Metode Bermain Peran pada Anak Umur 5-6 Tahun. Penelitian ini dilatar
belakangi oleh adanya kendala yang dihadapi dalam proses kegiatan pembelajaran
di TK Libukang Permai Kota Palopo yaitu tingkat sosial emosional anak masih
rendah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan
kemampuan sosial emosional anak melalui metode bermain peran pada anak umur
5-6 tahun di TK Libukang Permai Kota Palopo tahun ajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilakukan sebanyak 2 siklus terdiri dari 4 kali pertemuan dari setiap siklusnya.
Subjek dari penelitian ini adalah anak umur 5-6 tahun di TK Libukang Permai
Kota Palopo yang terdiri dari 12 siswa, terdiri dari 4 anak perempuan dan 8 anak
laki – laki. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dalam proses
pembelajaran, yakni untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak usia
dini.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan yaitu, pada pra siklus yang dilakukan anak yang belum berkembang
(BB) ada 3 anak didik atau 25%, mulai berkembang (MB) ada 9 anak didik atau
75%, berkembang sesuai harapan (BSH) 0 anak%, berkembang sangat baik (BSB)
0 anak%, kemudian dilakukan siklus I ini menunjukan hasil yang cukup baik
dengan antusias setiap anak dalam mengikuti pembelajaran ini menunjukan hasil,
anak yang belum berkembang (BB) 0 anak % , mulai berkembang (MB) ada 3
anak didik atau 25%, berkembang sesuai harapan (BSH) ada 5 anak atau 41,7%
dan berkembang sangat baik (BSB) ada 4 anak didik atau 33,3%, sedangkan pada
siklus ke II anak yang belum berkembang (BB) 0 anak % , anak yang mulai
berkembang (MB) 0 anak%, anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) ada 3
anak didik 25% , anak yang berkembang sangat baik (BSB) ada 9 anak didik atau
75%. Hasil ini mengambarkan bahwa dari meningkatkan perkembangan sosial
emosional melalui metode bermain peran pada anak dapat membantu anak untuk
meningkatkan sosial emosional anak di TK Libukang Permai Kota Palopo
Kata Kunci: Perkembangan sosial emosional, model bermain peran

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:06
Last Modified: 29 Nov 2023 00:51
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8005

Actions (login required)

View Item View Item