PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA ROLLING BALL GAME DENGAN EVALUASI HOTS PADA SUB TEMA KOMPONEN EKOSISTEM UNTUK KELAS V DI SDN 60 SALUBATTANG

Sari, Mega Oktavia (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA ROLLING BALL GAME DENGAN EVALUASI HOTS PADA SUB TEMA KOMPONEN EKOSISTEM UNTUK KELAS V DI SDN 60 SALUBATTANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of Mega Oktavia Sari.pdf] Text
Mega Oktavia Sari.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Mega Oktavia Sari, 2022. “Pengembangan Model Pembelajaran Teams Game
Tournament Berbantuan Media Rolling Ball Game dengan Evaluasi
Hots Pada Kelas V di SDN 60 Salubattang Palopo” Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo,
pembimbing (I) Munir Yusuf dan pembimbing (II) Lilis Suryani.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Model Pembelajaran Teams Game
Tournament Berbantuan Media Rolling Ball Game untuk Kelas V di SDN 60
Salubattang Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui analisis Kebutuhan
Model Pembelajaran Teams Game Tournament Berbantuan Media Rolling Ball Game,
untuk mengetahui Desain Model Pembelajaran Teams Game Tournament Berbantuan
Media Rolling Ball Game, dan untuk Mengetahui Kepraktisan Model Pembelajaran
Teams Game Tournament Berbantuan Media Rolling Ball Game untuk Kelas V di SDN
60 Salubattang Palopo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research &
Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap
yaitu: (1) tahap analysis, (2) tahap design, (3) tahap development (4) tahap implementasi
(5) tahap Evaluation. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 60 Salubattang Palopo,
yang bertindak sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 19 dan
guru kelas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, Test dan angket
kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa
Model Pembelajaran Teams Game Tournament Berbantuan Media Rolling Ball Game
sangat dibutuhkan agar siswa lebih aktif dan merasa senang selama proses
pembelajaran. Adapun desain produk penelitian disusun berdasarkan flowcart yang
disesuaikan berdasarkan kebutuhan siswa. Untuk mengetahui kevalidan produk yang
dikembangkan dilakukan uji validitas oleh beberapa pakar ahli diantaranya, hasil
validasi dari ahli model pembelajaran memperoleh persentase 80% dengan kategori
valid, adapun hasil validasi dari ahli materi bahan ajar memperoleh persentase 100%
dengan kategori sangat valid, sedangkan hasil validasi bahasa memperoleh persentase
95% dengan kategori valid. Dari hasil data praktikalitas yang telah didapatkan diketahui
bahwa total dari keseluruhan bernilai sangat praktis dengan presentase 87%.
Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Teams Game
Tournament Berbantuan Media Rolling Ball Game dikembangkan peneliti memenuhi
kriteria kevalidan dengan kategori sangat valid.
Kata Kunci: Pengembangan, Teams Game Tournament, Evaluasi HOTS

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 28 Nov 2023 02:36
Last Modified: 28 Nov 2023 02:36
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8022

Actions (login required)

View Item View Item