PENGGUNAAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI KENAKALAN SISWA KELAS XI SMKN 8 LUWU UTARA

LESTARI, WINDA (2023) PENGGUNAAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI KENAKALAN SISWA KELAS XI SMKN 8 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of WINDA LESTARI.pdf] Text
WINDA LESTARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Winda Lestari, 2023. “Penggunaan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi
Kenakalan Siswa Kelas XI SMKN 8 Luwu Utara” Skripsi Program Studi
Bimbingan dan konseling Islam Fakultas Ushuluddin, adab dan Dakwah
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hj. Nuryani dan
Subekti Masri
Skripsi ini membahas adanya perilaku peserta didik yang kurang baik yang
menimbulkan kenakalan pada siswa sehingga pentingnya Teknik role playing
mengurangi perilaku kenakalan pada siswa. penelitian ini bertujuan Untuk
mengetahui Seberapa besar pengaruh penggunaan teknik role playing mengurangi
kenakanalan siswa pada Siswa Kelas XI SMKN 8 Luwu Utara yang signifikan
penggunaan teknik role playing mengurangi kenakanalan siswa pada Siswa Kelas
XI SMKN 8 Luwu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif,
eksperimen research, Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental
design dan menggunakan model nonequivalent control group design. Prosedur
pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan
kuisioner/anget. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil
penelitian yag dilakakan di SMKN 8 Luwu Utara ini yang melibatkan dua kelas
yaitu kelas eksperimen kelas XI TKJ A dan kelas kontrol Kelas XI TKJ B.
Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas diberikan pre-tes untuk mengetahui
kemampuan awal siswa. Adapun nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah
52,6 dan untuk kelas kontrol adalah 53,2. Setelah diketahui kemampuan awal
kedua kelas, nilai-nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen adalah 31,1.
Sedangkan pada kelas kontrol adalah 52,1. Ini menandahkan bahwa semakin
rendah nilai rata-rata maka semakin rendah juga kenakalan siswa. Berdasarkan
pengujian hipotesis yang dilakukan sebelumnya diperoleh bahwa H0 ditolak. Pada
taraf signifikan signifikan < 0,05. selanjutnya pada tes awal nilai probabilitas
(sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,405. Karena nilai probabilitasnya lebih besar
dari 0,05 maka H0 diterima atau tingkat Kenakalan siswa kedua kelompok
tersebut tidak berbeda secara signifikan kemudian tes akhir nilai probabilitas
(sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,405. Karena nilai probabilitasnya lebih kecil
dari 0,05 maka H1 diterima atau Penggunaan Teknik role playing meminimalisir
kenakalan siswa pada Siswa Kelas XI SMKN 8 Luwu Utara.
Kata Kunci: Kenakalan, siswa, Teknik role playing

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:38
Last Modified: 29 Nov 2023 06:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8034

Actions (login required)

View Item View Item