STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN DI BANK MUAMALAT PALOPO

SARI, WINDA (2023) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN DI BANK MUAMALAT PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of WINDA SARI.pdf] Text
WINDA SARI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Winda Sari, 2023. “ Strategi Pemasaran Produk Tabungan Di Bank Muamalat
Palopo” Skripsi Program Studi PerbankanSyariah, Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembimbing Hendra Safri, SE., M.M
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pemasaran Produk Tabungan IB Di Bank
Muamalat Palopo. IB Muamalat adalah tabungan nyaman untuk digunakan
kebutuhan transaksi dan berbelanja dengan kartu Share-E Debit yang berlogo Visa
plus dengan manfaat berbagai macam program subsidi belanja merchant local dan
luar negri. Dalam memasarkan produk tabungan IB Muamalat, PT. Bank Muamalat
Palopo. Penelitan ini menggunakan penilitian deskriptif kualitatif yaitu dengan
mendeskripsikan trategi pemasaran yang digunakan PT. Bank Muamalat
Palopo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Sedangkan dalam
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data
dengan obvservasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
mengemukakan bahwa statregi pemasaran produk di Bank Muamalat yaittu 7P; 1)
Produk merupakan element penting dalam sbuah program pemasaran.Strategi
Produk dapat mempengruhi strategi pemasaran lainnya. Pembelian sebuah produk
bukan hanya sejedar untuk memiliki produk tersebut tetapi juga untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen. 2)Price (Harga) Harga merupakan
pengorbanan ekonomis yang dilakukan pelanggan untuk memperoleh produk atau
jasa. Selain itu juga harga salah satu factor penting konsumen dalam mengambil
keputusan untuk melakukan transaksi atau tidak. 3) Promotion (promosi) Promosi
adalah kegiatan mengkomunikasikan informasi dari penjual kepada konsumen atau
pihak lain dalam saluran penjualan untuk mempengaruhi sikap dan prilaku. 4) Place
(Distribusi) Distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan segala
kegiatan (fungi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status pemiliknya
dariprodusen kekonsumen. 5) People (orang) Karyawan penyedian jasa layanan
maupun penjualan. 6) Procses (proses) kegiatan yang menunjukkan bagaimana
pelayanan yang diberikan kepada konsumen. 7) Physical Evidence (Bukti fisik)
situasi dan kondisi geografis dan lingkungan institusi secara nyata.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Produk Tabungan IB

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:42
Last Modified: 29 Nov 2023 06:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8035

Actions (login required)

View Item View Item