PENGARUH PERSONAL SELLING DAN PENGGUNAAN APLIKASI KLIK INDOMARET TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

NURHALISA, VIVI (2023) PENGARUH PERSONAL SELLING DAN PENGGUNAAN APLIKASI KLIK INDOMARET TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of VIVI NURHALISA.pdf] Text
VIVI NURHALISA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Vivi Nurhalisa, 2023. “Pengaruh Personal Selling dan Penggunaan Aplikasi Klik
Indomaret terhadap Keputusan Pembelian”. Skripsi Program Studi
Manajemen Bisnis Syariah Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Hardianti Yusuf, S.E.Sy., M.E.
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pengaruh personal selling
terhadap keputusan pembelian secara parsial, untuk mengetahui pengaruh
penggunaan aplikasi Klik Indomaret terhadap keputusan pembelian secara parsial,
dan untuk mengetahui pengaruh personal selling dan penggunaan aplikasi Klik
Indomaret terhadap keputusan pembelian secara simultan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif untuk mengkaji pengaruh personal
selling dan penggunaan aplikasi Klik Indomaret terhadap keputusan pembelian.
Populasinya adalah pengguna yang berbelanja pada aplikasi Klik Indomaret pada
bulan Januari-Februari dengan jumlah 45 orang. Pengambilan sampel dengan
teknik sampling jenuh dimana sampling jenuh dilakukan jika anggota populasi
terlalu sedikit, oleh sebab itu semua anggota populasi dijadikan sampel penelitian.
Sampel yang digunakan sebanyak 45 orang. Data diperoleh melalui observasi,
kuesioner, dan dokumentasi. Data diolah dengan analisis regresi berganda, uji t, uji
F, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Personal Selling (X1)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), variabel
Penggunaan Aplikasi Klik Indomaret (X2) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Keputusan Pembelian (Y) . Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa
Personal Selling (X1) dan Penggunaan Aplikasi Klik Indomaret (X2) berpengaruh
signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Adapun
kemampuan Personal Selling (X1) dan Penggunaan Aplikasi Klik Indomaret (X2)
dalam menjelaskan perubahan pada Keputusan Pembelian (Y) yaitu sebesar 80,3%
dan sisanya sebesar 19,7% dijelaskan oleh variabel yang tidak dimasukkan dalam
penelitian.
Kata Kunci: Personal Selling, E-Commerce, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:18
Last Modified: 30 Nov 2023 03:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8045

Actions (login required)

View Item View Item