RAHAYU, INDIKA DINDA (2023) PENGARUH TREND OUTFIT OF THE DAY DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP IMPULSIVE BUYINGKONSUMEN TIKTOK GENERASI Z DI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
INDIKA DINDA RAHAYU.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Indika Dinda Rahayu, 2023. “Pengaruh Trend Outfit Of The Day dan Influencer
Marketing terhadap Impulsive Buying Konsumen Tiktok Generasi Z”.
Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muh. Shadri Kahar Muang, S.E., M.M.
Skripsi ini membahas tentang pengaruh Trend Outfit Of The Day dan
Influencer Marketing terhadap Impulsive Buying Konsumen Tiktok Generasi Z di
Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh trend outfit of
the day terhadap impulsive buying secara parsial, untuk mengetahui pengaruh
influencer marketing terhadap impulsive buying secara parsial, dan untuk
mengetahui pengaruh trend outfit of the day dan influencer marketing terhadap
impulsive buying secara simultan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah
seluruh konsumen tiktok generasi Z di Kota Palopo, dengan jumlah yang tidak
diketahui. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling dan
penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Lemeshow. Sampel yang
digunakan sejumlah 96 responden. Penggumpulan data dengan kuesioner.
Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji
koefisien determinasi dengan bantuan SPSS Versi 24.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel Trend Outfit Of The
Day (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Impulsive Buying (Y) konsumen
tiktok generasi Z di Kota Palopo, variabel Influencer Marketing (X2) berpengaruh
positif signifikan terhadap Impulsive Buying (Y) konsumen tiktok generasi Z di
Kota Palopo. Trend Outfit Of The Day dan Influencer Marketing secara simultan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying (Y) konsumen
tiktok generasi Z di Kota Palopo. Adapun kemampuan Trend Outfit Of The Day
(X1) dan Influencer Marketing (X2) dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap
Impulsive Buying (Y) konsumen tiktok generasi Z di Kota Palopo sebesar sebesar
42,7%, dan sisanya sebesar 57,3% dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukan
dalam penelitian ini. Implikasi berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada
generasi Z di Kota Palopo dalam penelitian ini adalah agar generasi Z Kota
Palopo mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan dalam berbelanja
serta para pelaku bisnis online agar terus meningkatkan penjualannya dengan
malakukan promosi atau iklan, salah satunya dengan iklan unik kreatif yang
menggunakan jasa influencer.
Kata Kunci: Generasi Z, Impulsive Buying, Influencer Marketing, Konsumen,
Trend
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 04:24 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 04:24 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8100 |
Actions (login required)
View Item |