PENGARUH CUSTOMER BONDING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TOKO NOVITA KOSMETIK DI KEC. BAJO KAB. LUWU

ALI, SARIFAH (2023) PENGARUH CUSTOMER BONDING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TOKO NOVITA KOSMETIK DI KEC. BAJO KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SARIFAH ALI.pdf] Text
SARIFAH ALI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Sarifah Ali, 2023. “Pengaruh Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pelanggan
Toko Novita Kosmetik Bajo Di Kec. Bajo Kab. Luwu.
Dibimbing oleh bapak Edi Indra Setiawan, S.E., M.M.
Industry kosmetik adalah salah satu industry yang paling cepat
berkembang di Indonesia. Karena kosmetik merupakan kebutuhan yang penting
dalam dunia kecantikan yang secara konsisten digunakan oleh wanita dan pria
segala usia untuk menyempurnakan penampilan wajah dan aroma tubuh. Oleh
karena itu dengan meningkatnya pengguna kosmetik dari tahun ke tahun
memberikan motivasi bagi pengusaha untuk menjalankan bisnis kosmetik. Namun
dalam menjalankan bisnis, salah satu hal penting yang harus dilakukan agar bisnis
yang dijalankan dapat berkembang dan bertahan lama adalah mendapatkan
loyalitas pelanggan. Ada berbagai macam strategi yang dapat dilakukan oleh
perusahaan untuk menjaga hubungan dengan para pelanggan yang telah ada agar
tidak berpaling ke perusahaan lain, salah satunya adalah dengan strategi customer
bonding. Semakin baik customer bonding pada konsumen maka semakin tinggi
pula loyalitas pelanggan yang didapatkan perusahaan. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah apakah customer bonding berpengaruh terhadap loyalitas
pelanggan Toko Novita Kosmetik di Kec. Bajo Kab. Luwu dalam melakukan
pembelian.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang dilakukan
pada tanggal 15 Maret hingga 15 April 2023 d Toko Novita Kosmetik. Dimana
populasi yang digunakan adalah para konsumen yang pernah melakukan
pembelian minimal 2 kali. Adapun jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100
sampel yang diperoleh dengan menggunakan rumus cochran dan pengambilan
sampel dilakukan secara non-probability menggunakan metode purposive
sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner
yang disebar/ dibagikan secara online ke responden,dan analisis data yang
digunakan, yaitu uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa customer bonding
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Toko Novita
Kosmetik Bajo sebesar 50,6%. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya hasil
perhitungan data menggunakan uji hipotesis yaitu uji t yang menunjukkan thitung
(10,027) > ttabel (1,660) dengan signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak
dan Ha diterima, serta uji determinasi (R2
) diperoleh R Square sebesar 0,506 atau
50,6% yang berarti customer bonding berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan
Toko Novita Kosmetik sebesar 50,6%.
Kata Kunci : Customer Bonding, Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 08 Dec 2023 00:11
Last Modified: 08 Dec 2023 00:11
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8111

Actions (login required)

View Item View Item