PENINGKATKAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU MELALUI KEGIATAN IN HOUSE TRAINING DI SDIT AL WAHDAH BONE-BONE KABUPATEN LUWU UTARA

SUDIRMAN, SUDIRMAN (2023) PENINGKATKAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU MELALUI KEGIATAN IN HOUSE TRAINING DI SDIT AL WAHDAH BONE-BONE KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SUDIRMAN.pdf] Text
SUDIRMAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Sudirman, 2023. "Peningkatkan Kreativitas Mengajar Guru Melalui Kegiatan In House
Training di SDIT Al Wahdah Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Tesis
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam pada Pascasarjana Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hilal Mahmud, dan Syamsu Sanusi.
Tesis ini membahas tentang peningkatkan kreativitas mengajar guru melalui
kegiatan In House Training di SDIT Al Wahdah Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara.
Penelitian bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan kreativitas mengajar guru di SDIT Al
Wahdah Bone-Bone sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan In House Training, 2) untuk
mendeskripsikan kegiatan In House Training dalam meningkatkan kreativitas mengajar
guru, dan 3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan
kegiatan In House Training.
Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Lokasi penelitian di
SDIT Al Wahdah Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Subyek penelitian yaitu guru SDIT
Al Wahdah Bone-Bone sebanyak 9 orang guru kelas. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu
kombinasi analisi kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kreativitas mengajar guru di SDIT Al
Wahdah Bone-Bone sebelum mengikuti kegiatan In House Training berada pada kategori
cukup dengan perolehan presentase sebesar 62%. Kreativitas mengajar guru di setelah
mengikuti kegiatan In House Training mengalami peningkatan baik pada siklus I maupun
pada siklus II. Pada siklus I sebesar 80% dengan kategori baik (B), terjadi kenaikan sebesar
18%. Pada siklus II, kreativitas mengajar guru sebesar 86% dengan kategori sangat baik
(SB), terjadi kenaikan sebesar 6%. 2) Kegiatan In House Training ini mengikuti alur
Penelitian Tindakan Sekolah yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. 3) faktor pendukung pelaksanaan In House Training yaitu tersedianya sarana dan
prasarana yang memadai, pembiayaan yang cukup, dan kepanitiaan yang baik. Faktor
penghambatnya adalah keterlambatan peserta dalam mengikuti kegiatan serta beberapa
peserta tidak memiliki laptop atau komputer.
Implikasi penelitian ini yaitu kreativitas guru merupakan salah satu keterampilan
yang diperlukan agar siswa penuh perhatian dalam proses pembelajaran. Dengan demikian,
akan terjadi peningkatan hasil pembelajaran, yaitu hasil belajar siswa, dan profesionalitas
guru.
Kata Kunci: Kreativitas Mengajar Guru, In House Training

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 Dec 2023 01:35
Last Modified: 15 Dec 2023 01:35
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8137

Actions (login required)

View Item View Item