Karmila, Mila (2023) KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 WOTU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
Mila Karmila.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mila Karmila, 2023. “Kemandirian Belajar Matematika siswa SMP Negeri 3
Wotu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Metematika Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Palopo. Dibimbing oleh Nurdin Kaso, dan Dwi Risky Arifanti .
Skripsi ini membahas tentang kemandirian belajar matematika siswa SMP
Negeri 3 Wotu. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui kemandirian belajar
matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wotu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Penelitian ini dilakukan di
SMP Negeri 3 Wotu, teknik yang digunakan dalam pemilihan sampel ini yaitu
purposive sampling, dengan 3 orang responden wawancara dan 30 siswa kelas VIII
yang mengisi angket kemandirian belajar. Data diperoleh melalui observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu: Kemandirian belajar dalam pembelajaran
matematika di SMP Negeri 3 Wotu khususnya kelas VIII dapat dilihat dari
terdapatnya indikator kemandirian belajar pada siswa yaitu percaya diri, disiplin,
motivasi, inisiati, dan tanggungjawab. Diperoleh dari angket kemandirian belajar
matematika 30 siswa yang kemudian dianalisi didapatkan bahwa, hasil analisis
angket kemandirian belajar matematika siswa diperoleh bahwa terdapat 4 siswa
dengan kategori kemandirian belajar cukup mandiri, 13 siswa dengan kategori
kemandirian belajar mandiri, dan 13 siswa dengan kategori kemandirian belajar
sangat mandiri.
Kata kunci : Kemandirian belajar, Matematika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 00:40 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 00:40 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8172 |
Actions (login required)
View Item |