HAMRUL, AISYAH YUSPITA (2023) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DIGITAL TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN PADA MATERI PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA KELAS VI DI MI 23 TANETE KECAMATAN WALENRANG TIMUR KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
AISYAH YUSPITA HAMRUL.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
AisyahYuspitaHamrul, 2023 “Pengembangan Modul PembelajaranBerbasis
Digital Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada MateriPengumpulan
dan Pengolahan Data Kelas VI di MI 23 TaneteKecamatanWalenrang
Timur KabupatenLuwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah IbtidaiyahFakultasTarbiyah dan IlmuKeguruanInstitut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Edy Rustan dan
Ahmad Munawir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan modul
berbasis digital yang terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi pengumpulan
dan pengolahan data kelas VI di MI 23 Tanete. Mengetahui pengembangan modul
berbasis digital yang terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi pengumpulan
dan pengolahan data kelas VI di MI 23 Tanete. Mengetahui praktikalitas modul
berbasis digital yang terintegras iayat-ayat Al-Qur’an pada materi pengumpulan
dan pengolahan data kelas VI di MI 23 Tanete.Mengetahui efektifitas modul
berbasis digital yang terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi pengumpulan
dan pengolahan data kelas VI di MI 23 Tanete.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and
Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan yaitu model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu : (1) tahap analisis, (2)
tahap perancangan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, (5) tahap
evaluasi. Penelitian dilakukan di sekolah MI 23 Tanete Kecamatan Walenrang
Timur Kabupaten Luwu dengan subjek pelitian yaitu guru dan siswa kelas VI.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara guru,
angket siswa, dan dokumentasi.
Produk yang dikembangkan oleh peneliti berupa modul pembelajaran
berbasis digital terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an. Modul yang telah dikembangkan
selanjutnya divalidasi oleh 4 validator diantaranya: validator desain, validator
bahasa, validator materi dan validator keagamaan. Hasil validasi produk dari
validator desain memperoleh 80% ahli bahasa 90,62% ahli materi 100%, dan ahli
keagamaan 100%. Menghitung nilai keseluruhan dari keempat validator maka
diperoleh presentase data sebesar 92,39% kategorikan sangat valid. Hasil uji
praktikalitas melalui angket guru memperoleh presentase sebesar 100% dan
angket siswa sebesar 88% kategori sangat praktis. Keefektifan modul
pembelajaran berbasis digital terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an memperoleh 100%
kategorikan sangat efektif. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul
pembelajaran berbasis digital terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an sudah sangat
praktis dan efektifdigunakan oleh guru dan siswa di MI 23 Tanete.
Kata Kunci : Modul PembelajaranBerbasis Digital Terintegrasi Ayat-Ayat
Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 00:19 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 00:19 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8174 |
Actions (login required)
View Item |