NURAISYAH, NURAISYAH (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS MULTIMEDIA POWTOON PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS III SDN 277 SAMBIREJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
NURAISYAH.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nuraisyah, 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis
Multimedia Powtton pada Materi Perubanhan Wujud Benda Kelas III
SDN 277 Sambirejo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Pembimbing Mirnawati Dan Bungawati.
Skripsi ini membahas sebuah penelitian pengembangan media
pembelajaran berbasis video animasi powtoon pada materi perubahan wujud benda
Kelas III SDN 277 Sambirejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis
kebetuhan, desain rancangan, kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran
berbasis multimedia powtoon pada materi perubahan wujud benda. Jenis penelitian
ini adalah penelitian dan pengembangan Research & Development (R&D). dalam
mengembangkan media pembelajaran berbasis animasi peneliti menggunakan
model ADDIE (Analyze, Design, Developemt, Implementation, Evaluation).
Adapun teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan Mixed Methods
Research yang sering di singkat dengan Mix-Method.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui analisis kebutuhan
media pembelajaran berbasis multimedia powtoon pada materi perubahan wujud
benda (2) Untuk mengetahui desain media pembelajaran berbasis multimedia
powtoon pada materi perubahan wujud benda (3) Untuk mengetahui kevalidan
media pembelajaran berbasis multimedia powtoon pada materi perubahan wujud
benda (4) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran berbasis multimedia
powtoon pada materi perubahan wujud benda.
Penelitian dilakukan di SDN 277 Sambirejo dengan subjek penelitian
yaitu peserta didik Kelas III berjumlah 22 orang. Untuk tingkat kevalidan produk
dikembangkan dilakukan uji validasi oleh validator ahli materi,ahli bahasa dan ahli
desain. Sedangkan untuk mengetahui praktikalitas produk, peneliti menyebarkan
angket praktikalitas kepada peserta didik. Hasil validasi media video animasi
pembelajaran mendapatkan nilai dari ahli bahasa dengan nilai 87% masuk dalam
kategori sangat valid,ahli materi dengan nilai 97% masuk dalam kategori sangat
valid dan ahli desain dengan nilai 78%. Hasil angket praktikalitas guru terhadap
media video pembelajaran kategori sangat praktis 96% sedangkan respon peserta
didik terhadap praktikalitas media video animasi pembelajaran kategori praktis
dengan presentase 75% termasuk dalam kategori praktis sehingga layak untuk
digunakan.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Powtoon, Video Animasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 02:10 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 02:10 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8203 |
Actions (login required)
View Item |