NIAR, FATIMA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMAISLAM DI SMP 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
skripsi FATIMA.pdf Download (875kB) |
Abstract
xxii
ABSTRAK
Fatima Niar, 2023.gPengaruh PenggunaanniModel Project Based Learningg
Trhadap HasilaBelajar Kognitif SiswaiPada MatagPelajaran Pendidikn
AgamaaiIslam” yang menjadi minat peneliti Di SMP 8 Palopo.Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Alia Lestari dan Muhammad Ihsan.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh PenggunaanniModel Project
Based Learningg Trhadap HasilaBelajar Kognitif SiswaiPada MatagPelajaran
Pendidikn AgamaaiIslam Di SMPN 8 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)
Mengetahuihasil belajar kognitif siswa yang diajar tidak menggunakan model
project based learning 2) mengetahui hasil belajar siswa yang diajar
menggunakan model project based learning, 3) mengetahui aktivitas siswa dalam
proses pembelajaran project based learning. 4) mengetahui pengaruh project
based learning pada hasil belajar kognitif siswa di SMPN 8 Palopo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen, lokasi pelitian
di SMPN 8 Palopo. Waktu penelitian pada tanggal 17 Juli sampai 14 September
2023. Subjek penelitian yaitu siswa. data diperoleh dari hasil observasi, tes dan
dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII
SMPN 8 Palopo pada tahun ajaran 2023 yang berjumlah 233 siswa yang terdiri
dari 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 orang siswa yang terdiri
dari dua kelas yaitu kelas VIII.5 dan VIII.6.
xxiii
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) hasil belajar kognitif siswa
yang diajar tidak menggunakan model project based learning di SMPN 8 Palopo
memperoleh nilai yang baik yaitu 75,1%. 2) hasil belajar kognitif siswa yang
diajar menggunakan model project based learning memperoleh nilai yang baik
yaitu 78,1%. 3) hasil aktivitas siswa dalam proses pembelajaran project based
learning memperoleh nilai yang sangat baik yaitu 87,50%. 4) Berdasarkan nilai
sig. (2-tailed) = 0,009 yang lebih kecil dari 0,05. Artinya ada perbedaan hasil
belajar kognitif antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sehingga dapat
disimpukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model project based learning
terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam.
Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 00:47 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 00:47 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8206 |
Actions (login required)
View Item |