KASMIA, KASMIA (2023) ANALISIS STRATEGI PENINGKATAN MARKET SHARE PEGADAIAN SYARIAH CABANG LUWU. Other thesis, IAIN Palopo.
Text
KASMIA (PERBANKAN 2019).pdf Download (3MB) |
Abstract
KASMIA, 2023. “Analisis Strategi Peningkatan Market Share Pegadaian
Syariah Cabang Luwu”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Zainuddin S, S.E., M.Ak.
Penelitian ini membahas tentang Strategi Peningkatan Market Share Pegadaian
Syariah Cabang Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
Strenghts, Weakness, Opportunity, dan Threats peningkatan market share
Pegadaian Syariah cabang Luwu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif
dengan metode pengumpulan data yang menggunakan wawancara. Teknik
Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis SWOT. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1). PT. Pegadaian Syariah Cabang Luwu
memiliki Kekuatan (Strengths), seperti kualitas pelayanan yang baik, produk
pembiayaan sesuai dengan Syariat Islam, harga yang terjangkau oleh berbagai
kalangan, lokasi yang strategis, persyaratan yang mudah dan aman, serta
kemampuan untuk menjangkau masyarakat kecil yang tidak dapat dijangkau oleh
perbankan konvensional, merupakan aset internal yang memberikan keunggulan
kompetitif. (2). Kelemahan (Weaknesses) dari PT. Pegadaian Syariah Cabang
Luwu mencakup kurangnya pengetahuan masyarakat tentang produk pembiayaan
Pegadaian Syariah, persaingan dengan produk yang serupa dari pesaing, dan
ketidakmerataan pemasaran di daerah terpencil di wilayah Kabupaten Luwu. (3).
PT. Pegadaian Syariah Cabang Luwu memiliki peluang (Opportunity), seperti
kebutuhan masyarakat Palopo akan produk pembiayaan, perkembangan teknologi,
dan potensi peningkatan penjualan produk melalui strategi promosi dan
pemasaran. Dengan memanfaatkan peluang ini, Pegadaian Syariah dapat
memperluas pangsa pasar mereka dan mendukung inklusi keuangan yang lebih
luas, sambil meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka. (4). Ancaman terhadap
peningkatan Market Share Pegadaian Syariah Cabang Luwu mencakup beberapa
faktor yang meliputi persepsi masyarakat yang salah terhadap produk pembiayaan
syariah, kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga keuangan syariah,
dan semakin banyaknya lembaga keuangan pesaing di sekitar lokasi Pegadaian
Syariah Cabang Luwu.
Kata kunci: Market Share, Pegadaian Syariah, Strategi, SWOT
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah |
Depositing User: | Repository IAIN Palopo |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 02:10 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 02:10 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8220 |
Actions (login required)
View Item |