PENGEMBANGAN E-MODUL SEBAGAI ALTERNATIF TERHADAP DEKADENSI MORAL DI MADRASAH TSANAWIYAH SATU ATAP DATOK SULAIMAN PALOPO

NIRMA, NIRMA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL SEBAGAI ALTERNATIF TERHADAP DEKADENSI MORAL DI MADRASAH TSANAWIYAH SATU ATAP DATOK SULAIMAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NIRMA.PDF] Text
NIRMA.PDF

Download (1MB)

Abstract

Nirma, 2024. "Pengembangan E-Modul Sebagai Alternatif Terhadap Dekadensi
Moral Di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok Sulaiman Palopo".
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Hj.
St. Marwiyah dan Asgar Marzuki.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan e-modul sebagai alternatif
terhadap dekadensi moral di madrasah tsanawiyah satu atap datok sulaiman palopo.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan e�modul sebagai alternatif terhadap dekadensi moral di madrasah tsanawiyah satu
atap datok sulaiman palopo, 2) untuk mengetahui kevalidan e-modul sebagai
alternatif terhadap dekadensi moral di madrasah tsanawiyah satu atap datok
sulaiman palopo, 3) untuk mengetahui kepraktisan e-modul sebagai alternatif
terhadap dekadensi moral di madrasah tsanawiyah satu atap datok sulaiman palopo
Jenis penelitian ini R&D (Research and Development). Peneliti
menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahap pengembangan
yaitu tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan),
implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan
di MTs Satu Atap Datok Sulaiman Palopo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas IX B tahun ajaran 2023. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
lembar validasi dan angket praktikalitas atau lembar angket respon siswa. Adapun
teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul sebagai alternatif
terhadap dekadensi moral yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa.
Hasil validasi e-modul sebagai alternatif terhadap dekadensi moral yaitu validasi
ahli media memperoleh persentase 83% dengan kriteria sangat valid dan hasil
validasi ahli materi memperoleh persentase 93% dengan kriteria sangat valid.
Untuk uji kepraktisan e-modul yang diperoleh dari siswa memperoleh persentase
85% dengan kategori sangat praktis. Maka, e-modul sebagai alternatif terhadap
dekadensi moral berbasis canva pada materi menghindari perilaku menyimpang
dalam pergaulan remaja layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Dekadensi Moral, E-Modul, MTs Satu Atap Datok Sulaiman Palopo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: wahidin
Date Deposited: 31 Jan 2024 01:21
Last Modified: 31 Jan 2024 01:21
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8248

Actions (login required)

View Item View Item