PENERAPAN PERMAINAN PANCING HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ABJAD ANAK 4-5 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA

ADWIA, RABIATUL (2024) PENERAPAN PERMAINAN PANCING HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ABJAD ANAK 4-5 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of RABIATUL ADWIA (PIAUD 2019) REPOSITORY.PDF] Text
RABIATUL ADWIA (PIAUD 2019) REPOSITORY.PDF

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Rabiatul Adwia, 2023; ‘‘Penerapan Permaianan Pancing Huruf Untuk
Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak 4-5 Tahun Di Tk Al-Hidayah
Kabupaten Luwu Utara” Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak
Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo, Dibimbing Oleh Nur Rahmah dan Subhan.
Skripsi ini membahas mengenai Penerapan Permaianan Pancing Huruf Untuk
Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak 4-5 Tahun. Penelitian ini bertujuan
untuk permainan pancing huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf
pada anak usia dini kelompok A di TK AL-Hidayah Desa Cenning Kec. Malangke
Barat, Kab. Luwu Utara. Penelitian merupakan penelitian Jenis penelitian yang
dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian (Classroom Action Research).
Ialah suatu bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat reflektif. Untuk
memperoleh data penulis melakukan pengumpulan data melalui observasi dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Permainan pancing huruf dapat
meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini kelompok A di
TK AL-Hidayah Desa Cenning Kec. Malangke Barat, Kab. Luwu Utara Pada
siklus I dilakukan penelitian dengan menggunakan media bermain memancing
huruf Dari hasil observasi Kemampuan Bahasa Anak Pada Pra Tindakan ke tahap
siklus I ada sekitar 8 anak yang mengalami peningkatan dengan 3 anak yang
tadinya mulai berkembang menjadi berkembang sesuai harapan dan 5 anak yang
belum berkembang menjadi mulai berkembang. Dengan demikian dapat
disimpulkan peningkatan kemampuan Bahasa Anak secara klasikal tercapai
dengan baik dengan 53%. Pada siklus II dilaksanakan penelitian dengan
memperbaiki kesulitan yang dihadapi anak untuk memperoleh peningkatan yang
maksimal. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan. Dari hasil observasi
Kemampuan Bahasa Anak Pada siklus I ke tahap siklus II ada sekitar 12 anak
yang mengalami peningkatan dengan 5 anak yang tadinya Berkembang sesuai
harapan menjadi Berkembang sangat baik, 3 anak yang tadinya Mulai
berkembang menjadi Berkembang sesuai harapan, dan 4 anak yang belum
berkembang menjadi mulai berkembang. Dengan demikian dapat disimpulkan
peningkatan kemampuan Bahasa Anak secara klasikal tercapai dengan sangat baik
dengan 80%.
Kata Kunci : Anak, Pancing Huruf, Kemampuan Bahasa
xxvi
ABSTRACT
Rabiatul Adwia, 2023; "Implementation of the Letter Fishing Game to Improve
the Language Skills of 4-5 Year Old Children at Al-Hidayah Kindergarten,
North Luwu Regency" Thesis for Early Childhood Islamic Education Study
Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Palopo State Islamic
Institute, Supervised by Nur Rahmah and Subhan.
This thesis discusses the application of the Letter Fishing Game to improve
the language skills of children 4-5 years old. This research aims to show that the
letter fishing game can improve the ability to recognize letters in early childhood
group A at AL-Hidayah Kindergarten, Cenning Village, Kec. West Malangke,
Kab. North Luwu. Research is research. The type of research carried out in this
research is research (Classroom Action Research). It is a form of Classroom
Action Research (PTK) that is reflective in nature. To obtain data the author
collected data through observation and documentation. The results of this research
are that the letter fishing game can improve the ability to recognize letters in early
childhood group A at AL-Hidayah Kindergarten, Cenning Village, Kec. West
Malangke, Kab. North Luwu In cycle I, writing was carried out using playing
media, fishing for letters. From the results of observations of children's language
abilities in the pre-action stage of cycle I, there were around 8 children who
experienced improvement with 3 children who had started to develop and
developed according to expectations and 5 children who had not yet developed.
start to develop. Thus, it can be concluded that the improvement in children's
classical language skills was achieved well by 53%. In cycle II, writing is carried
out by correcting the difficulties faced by children to obtain maximum
improvement. In cycle II there was a significant increase. From the results of
observations of children's language abilities in cycle I to cycle II there were
around 12 children who experienced improvement with 5 children who were
developing according to expectations becoming very well developed, 3 children
who were starting to develop became developing according to expectations, and 4
children who had not yet developed start to develop. Thus, it can be concluded
that the improvement in children's classical language skills was achieved very
well with 80%.
Keywords: Children, Fishing Letters, Language Ability
xxvii
خالصة
ربيعة العدوية،0202ْْ؛ ْ"تنفيذ ْلعبة ْصيد ْالحروف ْلتحسين ْالمهارات ْاللغوية ْلألطفال ْالذين
تتراوحْأعمارهمْبين4-5ْْْسنوات ْفيْروضة ْالهداية،ْمقاطعةْشمالْلوو"ْرسالة ْلبرنامجْدراسة
التربيةْاإلسالميةْفيْمرحلةْالطفولةْالمبكرة،ْكليةْالتربيةْوتدريبْالمعلمين،ْمعهدْبالوبوْاإلسالمي
الحكومي،ْإشرافْنورْرحمةْوصبحان.ْ ْ
تتناول ْهذه ْاألطروحة ْتطبيق ْلعبة ْصيد ْالحروف ْلتحسين ْالمهارات ْاللغوية ْلدىْ
األطفالْبعمر4-5ْْْسنوات.ْيهدفْهذاْالبحثْإلىْإظهارْأنْلعبةْصيدْالحروفْيمكنْأن
تحسنْالقدرةْعلىْالتعرفْعلىْالحروفْلدىْمجموعةْالطفولةْالمبكرةْ(أ)ْفيْروضةْالهداية،
ْقرية ْسْينينج، ْمدينة ْالكويت. ْغرب ْماالنجكي،ْكاب. ْشمال ْلوو. ْالبحث ْهو ْالبحث ْونوع
البحثْالذيْيتمْفيْهذاْالبحثْهوْالبحثْ(البحثْالعملي ْالصفي).ْإنه ْشكلْمنْأشكال
البحثْالعمليْفيْالفصلْالدراسيْ(PTKْ)ْالذيْيعكسْطبيعته.ْللحصولْعلىْالبياناتْقامْ
المؤلف ْبجمع ْالبيانات ْمن ْخاللْالمالحظة ْوالتوثيق. ْنتائج ْهذا ْالبحث ْهي ْأن ْلعبة ْصيدْ
الحروفْيمكنْأنْتحسنْالقدرةْعلىْالتعرفْعلىْالحروفْلدىْمجموعةْالطفولةْالمبكرةْ(أ)ْ
فيْروضةْالهداية،ْقريةْسينينج،ْمدينةْالكويت.ْغربْماالنجكي،ْكاب.ْشمالْلووْفيْالدورة
األولى، ْتم ْتنفيذ ْالكتابة ْباستخدام ْوسائط ْاللعْب، ْوصيد ْالحروف. ْومن ْنتائج ْمالحظاتْ
القدراتْاللغويةْلألطفالْفيْمرحلةْماْقبلْالفعلْمنْالدورةْاألولى،ْكانْهناكْحوالي8ْْأطفالْ
شهدوا ْتحسنًا ْمع3ْْأطفال ْلديهمْبدأواْفيْالنموْوالتطورْحسبْالتوقعاتْوبدأ5ْْأطفالْلمْ
يتطوروا ْبعد ْفي ْالنمو. ْوبذلك ْيمكن ْاالستنتاج ْأن ْالتحسنْفي ْمهارات ْاللغة ْالفصحى ْلدىْ
األطفالْقدْتحققْبشكلْجيدْبنسبة53%ْ.ْوفيْالدورةْالثانيةْتتمْالكتابةْمنْخاللْتصحيحْ
الصعوباتْالتيْيواجههاْاألطفالْللحصولْعلىْأقصىْقدرْمنْالتحسن.ْوفيْالدورةْالثانيةْكانت
هناكْزيادةْكبيرة.ْمنْنتائجْمالحظاتْالقدراتْاللغويةْلألطفالْمنْاْلحلقةْاألولىْإلىْالحلقةْ
الثانيةْكانْهناكْحوالي21ْْطفال ًْشهدوا ْتحسناً، ْمنهم5ْْأطفالْكانواْيتطورونْحسبْالتوقعات
إلى ْتطور ْجيد ْجداً، ْو3ْأطفالْبدأواْفيْالتطورْإلىْيتطورونْحسبْالتوقعات،ْو4ْْأطفالْلم
يتطوروا ْبعد، ْبدأوا ْفي ْالنمو. ْوهكذا ْيمكن ْأن ْنستنتج ْأن ْالتحسن ْفي ْاْلمهارات ْاللغويةْ
الكالسيكية ْلدى ْاألطفال ْقد ْتحقق ْبشكل ْجيد ْجدا ًْبنسبة88%.
الكلمات المفتاحية:ْاألطفال،ْرسائلْالصيد،ْالقدرةْاللغوية

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 372.623 Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Feb 2024 00:34
Last Modified: 06 Feb 2024 00:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8256

Actions (login required)

View Item View Item