PENGARUH PENGETAHUAN DAN LOKASI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DESA BAROWA MENGGUNAKAN PRODUK GADAI EMAS DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP PALOPO RATULANGI

NUR, ANUGERAH CAHYATI (2023) PENGARUH PENGETAHUAN DAN LOKASI TERHADAP MINAT MASYARAKAT DESA BAROWA MENGGUNAKAN PRODUK GADAI EMAS DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP PALOPO RATULANGI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ANUGERAH CAHYATI NUR.pdf] Text
ANUGERAH CAHYATI NUR.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Anugerah Cahyati Nur, 2023. “Pengaruh Pengetahuan dan Lokasi Terhadap Minat
Masyarakat Desa Barowa Menggunakan Produk Gadai Emas di Bank
Syariah Indonesia KCP Palopo Ratulangi‖. Skripsi Program Studi
Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nur Ariani Aqidah.
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh pengetahuan dan lokasi terhadap
minat masyarakat Desa Barowa menggunakan produk gadai emas di Bank Syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada pengaruh yang signifikan atau
tidak antara pengetahuan dan lokasi terhadap minat masyarakat menggunakan produk
gadai emas di bank syariah baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian
yang digunakan adalah kuantitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan
kueisioner/angket yang disebar kepada masyarakat Desa Barowa. Teknik penarikan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampel jenuh yaitu teknik
penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel
yang digunakan yaitu sebanyak 45 responden yang memiliki usahaa katonik. Data
yang diperoleh di olah menggunakan alat bantu SPSS 24. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pengetahuan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap
minat masyarakat Desa Barowa menggunakan produk gadai emas di Bank Syariah
dengan nilai Thitung 7,010 > dari pada Ttabel 1,697. Lokasi secara parsial tidak
berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat Desa Barowa menggunakan
produk gadai emas di Bank Syariah dengan nilai Thitung 1,314 < dari pada Ttabel 1,697.
Pengetahuan dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap minat masyarakat Desa
Barowa menggunakan produk gadai emas di Bank Syariah dengan nilai Fhitung 26,183
> dari pada Ttabel 2,83. Dengan nilai koefisien determinasi 0,561 yang menunjukan
bahwa pengaruh varibel X1 dan X2 secara simultan atau bersama-sama terhadap
Variabel Y sebesar 56,1% sedangkan sisanya yakni sebesar 43,9% dipengaruhi
variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Gadai Emas, Lokasi, Minat, Pengetahuan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
800 Kesusastraan > 801.2 Nilai-nilai dan Pengaruh Kesusastraan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: wahidin
Date Deposited: 10 Feb 2024 02:48
Last Modified: 10 Feb 2024 02:48
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8278

Actions (login required)

View Item View Item