FITRAHHULJANNAH, FITRAHHULJANNAH (2023) PERSPEKTIF SYARIAH DALAM MANAJEMEN BISNIS ( STUDI TOKO BERAS PALAWIJA KOTA PALOPO ). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
FITRAHHULJANNAH.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
FITRAHHULJANNAH, 2023. “Perspektif Syariah Dalam Manajemen
Bisnis (Studi Toko Beras Palawija Kota Palopo)” Skripsi Program Studi
Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Burhan Rifuddin, S.E.,M.M.
Skripsi ini membahas tantang strategi manajemen pada usaha toko beras
palawija kota palopo dalam perspektif syariah. Penelitian ini bertujuan untuk
Untuk Mengetahui Untuk mengidentifikasi perspektif syariah dalam usaha toko
beras palawija kota palopo, mengidentifikasi strategi usaha toko beras palawija
sesuai syariat islam yang sudah ada.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan menggunakan
kualitatif dengan pendekatan fenomenalogis. Adapun intrumen penelitian yang di
gunakan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan Perspektif syariah dalam bisnis pada toko
beras palawija kota palopo dimana kejujuran sangat penting dalam transaksi jual
beli beras terkait tentang kualitas beras, harga dan takaran harus seimbang sehingga
sesuai dengan Perspektif syariah dalam bisnis. Jujur dan Amanah adalah sifat yang
penting bagi Islam. Strategi manajemen pada usaha toko beras palawija kota palopo
dalam perspektif syariah dalam melakukan kegiatan usaha, Ditinjau dari perspektif
strategi pemasaran Islami, toko beras palawija selain menerapkan teori dan konsep
strategi pemasaran konvensional, juga menerapkan strategi pemasaran Islami yang
terdiri atas tiga hal pokok, pertama penerapan karakteristik pemasaran Islami.
Kedua, penerapan etika bisnis Islami; ketiga, mencontoh praktik pemasaran dan
sifat Nabi Muhammad saw., seperti yang pertama adalah Siddiq (Jujur) bahwa
kunci untuk segala aturan dalam hidup ini adalah kejujuran. Kedua adalah Amanah
(Dapat Dipercaya) bahwa untuk mendapatkan kepercayaan maka kejujuran adalah
pembukanya. Ketiga adalah Fathanah (Cerdas) bahwa dalam hidup di dunia ini
hendaknya senantiasa kita gunakan kecerdasan untuk senantiasa terus berinovasi,
menghasilkan kreatifitas yang baru untuk memberi manfaat yang lebih besar lagi.
Keempat adalah Tabligh (komunikatif) bahwa membangun komunikasi yang baik
merupakan modal penting yang perlu dimiliki bagi manusia sebagai makhluk sosial,
begitu juga dalam dunia bisnis, maka komunikasi yang aktif, respon yang positif
sudah sangat baik diterapkan oleh pekerja, baik pada toko/outlet dan online.
Kata Kunci: Perspektif, Manajemen Bisnis Syariah, Menjalankan Usaha
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.81 Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | wahidin |
Date Deposited: | 10 Feb 2024 03:41 |
Last Modified: | 10 Feb 2024 03:41 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8285 |
Actions (login required)
View Item |