PENGARUH TEKNIK POSITIVE SELF AFFIRMATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM IAIN PALOPO

RAMADHAN, SYAHRUL (2024) PENGARUH TEKNIK POSITIVE SELF AFFIRMATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM IAIN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (708kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SYAHRUL RAMADHAN REPOSITORY.PDF] Text
SKRIPSI SYAHRUL RAMADHAN REPOSITORY.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
SYAHRUL RAMADHAN, 2023, “Pengaruh Teknik Positive Self-Affirmation
dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Bimbingan
Konseling Islam IAIN Palopo”. Skripsi Program Studi Bimbingan
Konseling Islam Fakultas Ushuluddi Adab dan Dakwah Institut Agama
Islam Negeri Palopo, dibimbimbing oleh Dr. Baso Hasyim M.Ag dan
Dr. Amrul Aysar Ahsan S.Pd.I., M.Si
Skripsi ini menerangkan tentang Pengaruh Teknik Positive Self-Affirmation dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam IAIN
Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa persen motivasi belajar
mahasiswa Bimbingan Konseling Islam di IAIN Palopo seteleh diberikan
perlakuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
Pre-Experiment dengan desain penelitian One Grup Pre-Test dan Post-Test.
Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan Konseling Islam yang
berjumlah 95 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 17 mahasiswa
yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data
diperoleh melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil
uji-t menggunakan Paires Sampel t Test yang menghasilkan nilai thitung 13.371
dan mean 22.82353. Kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel dengan
ketentuan 13.371 > 1.703771 dengan demikian teknik Positive Self-Affirmation
efektif dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Bimbingan Konseling
Islam dan efektivitas dari teknik ini sebesar 36%.
Kata Kunci : Positive Self-Affirmation, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Filsafat dan psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 27 Feb 2024 00:08
Last Modified: 27 Feb 2024 00:08
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8336

Actions (login required)

View Item View Item