PENGARUH KONSELING KELOMPOK BEHAVIORAL TEKNIK LIVE MODELLING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 2 PALOPO

AUDRY, PUSPA (2024) PENGARUH KONSELING KELOMPOK BEHAVIORAL TEKNIK LIVE MODELLING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of PUSPA AUDRY (BKI 2019) REPOSITORY.PDF] Text
PUSPA AUDRY (BKI 2019) REPOSITORY.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Puspa Audry, 2023. “Pengaruh Konseling Kelompok Behavioral Teknik Live
Modelling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas
XII IPS di SMA Negeri 2 Palopo”. Skripsi Program Studi Bimbingan dan
Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hj. Nuryani dan Fajrul Ilmy
Darussalam.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Konseling Kelompok Behavioral Teknik
Live Modelling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas XII
IPS di SMA Negeri 2 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan kedisiplinan belajar siswa dengan konseling kelompok behavioral
teknik live modelling kelas XII IPS di SMA Negeri 2 Palopo. Metode penelitian
ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian pra-experiment dengan one
group pre and post-test design. Populasi dalam penelitian ini Siswa Kelas XII IPS
di SMA Negeri 2 Palopo yang berjumlah 60 siswa. Adapun sampel dalam
penelitian ini sebanyak 12 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Data
diperoleh melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data
dengan menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas dan uji-t menggunakan
Paired Sample t test. Hasil penelitian ini menggunakan konseling kelompok
behavioral teknik live modelling untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada
siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 2 Palopo. Hal ini berdasarkan dari hasil uji-t
menggunakan Paired Sample t test yang menghasilkan nilai thitung 11,256 mean
27,750. Kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel dengan ketentuan thitung > ttabel
(11,256 > 1,812) dengan demikian tingkat kedisiplinan belajar pada siswa
mengalami perubahan setelah diberikan perlakuan berupa konseling kelompok
behavioral teknik live modelling. Adapun kenaikan presentase konseling
kelompok behavioral teknik live modelling dari pre-test ke post-test sebesar 41%.
Kata Kunci: Konseling Kelompok Behavioral, Teknik Live Modelling,
Kedisiplinan Belajar
xxiv
ABSTRACT
Puspa Audry, 2023. "The Effect of Behavioral Group Counseling Live Modeling
Techniques in Improving Learning Discipline in Class XII IPS Students at
SMA Negeri 2 Palopo". Islamic Guidance and Counseling Study Program
Thesis. Faculty of Ushuluddin Adab and Da'wah, Palopo State Islamic
Institute. Supervised by Hj. Nuryani and Fajrul Ilmy Darussalam.
This thesis discusses the Influence of Behavioral Group Counseling Live
Modeling Techniques in Improving Learning Discipline in Class XII IPS Students
at SMA Negeri 2 Palopo. This research aims to determine the increase in student
learning discipline with behavioral group counseling with live modeling
techniques for class XII IPS at SMA Negeri 2 Palopo. This research method uses
quantitative pre-experiment research with one group pre and post-test design. The
population in this study was Class XII IPS students at SMA Negeri 2 Palopo,
totaling 60 students. The sample in this study was 12 students selected using
purposive sampling. Data was obtained through observation, questionnaires and
documentation. Data analysis techniques using descriptive statistics, normality
test and t-test using Paired Sample t test. The results of this research used
behavioral group counseling with live modeling techniques to improve learning
discipline in class XII IPS students at SMA Negeri 2 Palopo. This is based on the
results of the t-test using the Paired Sample t test which produces a t-count value
of 11.256, mean 27.750. Then tcount is compared with ttable with the condition
that tcount > ttable (11.256 > 1.812) so that the level of learning discipline in
students experiences changes after being given treatment in the form of behavioral
group counseling using live modeling techniques. The increase in the percentage
of behavioral group counseling using live modeling techniques from pre-test to
post-test was 41%.
Keywords: Behavioral Group Counseling, Live Modeling Techniques, Learning
Discipline

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Filsafat dan psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 27 Feb 2024 00:18
Last Modified: 27 Feb 2024 00:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8337

Actions (login required)

View Item View Item