BIMBINGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA YANG SERING TERLAMBAT DI MTS TUMBUBARA

LUKMAN, MISNAWATI (2024) BIMBINGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA YANG SERING TERLAMBAT DI MTS TUMBUBARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of MISNAWATI LUKMAN (BKI 2019) repository.PDF] Text
MISNAWATI LUKMAN (BKI 2019) repository.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Misnawati Lukman, 2024. Bimbingan Teknik Self Management Terhadap
Kedisiplinan Siswa Yang Sering Terlambat Di MTs Tumbubara”.
Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas
Ushuluddin, Adab, dan Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Subekti Masri dan Andi Batara Indra.
Penelitian ini membahas bimbingan teknik self management terhadap
kedisiplinan siswa yang sering terlambat di MTs Tumbubara. Tujuan penelitian
untuk mengetahui perubahan kedisiplinan siswa melalui teknik self management.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre eksperiment dengan desain one
group pretest postest design. Hasil menunjukkan: (1) gambaran perilaku terlambat
siswa sebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase 80%,
sedangkan dalam kategori rendah dengan persentase 10%; (2) proses penerapan
bimbingan teknik self management dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang
telah disusun dengan enam kali pertemuan; dan (3) hasil menunjukkan terdapat
pengaruh yang signifikan antara teknik self management dengan perilaku
terlambat siswa. Hal ini berdasarkan dari hasil uji t menggunakan Paired Sample t
Tes yang menghasilkan nilai t hitung 5,990 mean 19,285, kemudian t hitung
dibandingkan dengan t tabel dengan ketentuan t hitung > t tabel (5,990 > 1,894)
dengan demikian kebiasaan terlambat siswa mengalami perubahan setelah
diberikan perlakuan berupa bimbingan teknik self management dengan signifikan
0,02 < 0,05. Berdasarkan hal tersebut, maka H1 diterima yang artinya bimbingan
teknik self management berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa yang sering
terlambat di MTs Tumbubara.
Kata Kunci: Bimbingan, Self Management, Kedisiplinan, Perilaku Terlamba

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 27 Feb 2024 00:24
Last Modified: 27 Feb 2024 00:24
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8338

Actions (login required)

View Item View Item