PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI KEAGAMAAN PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SDN 3 POREHU KABUPATEN KOLAKA UTARA PROVINSI SULAWESI TENGGARA

SUTRIANI, SUTRIANI (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI KEAGAMAAN PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SDN 3 POREHU KABUPATEN KOLAKA UTARA PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of SKRIPSI_SUTRIANI REPOSITORY.pdf] Text
SKRIPSI_SUTRIANI REPOSITORY.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK
Sutriani, 2022.“Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Keagamaan padaTema
Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN 3 Porehu Kabupaten
Kolaka Utara Provinsi Sulawesi Tenggara”. Skripsi Program Studi
Pendidik Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (1) Ibu
Hj. St. Marwiyah dan pembimbing (2) Bapak Hisbullah.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan bahan ajar berbasis literasi
keagamaan pada tema indahnya kebersamaan di kelas IV SDN 3 Porehu. Penelitian
ini bertujuan untuk pengembangan bahan ajar berbasis literasi keagamaan pada tema
indahnya kebersamaan di kelas IV SDN 3 Porehu, serta untuk mengetahui hasil
pengembangan bahan ajar berbasis literasi keagamaan pada tema indahnya
kebersamaan di kelas IV SDN 3 Porehu memenuhi kriteria valid dan praktis.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and
Development (R & D). Pada penelitian bahan ajar ini menggunakan model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) tahap analisis, (2) tahap
perancangan (design), (3) tahap pengembangan (development), (4) implementasi dan
(5) tahap evaluasi. Penelitian sesuai dengan tahapan model pengembangan ADDIE
untuk pengembangan bahan ajar berbasis literasi keagamaan pada tema indahnya
kebersamaan di kelas IV SDN 3 Porehu dan produk yang dihasilkan bisa memenuhi
kriteria valid dan praktis.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahan ajar yang valid melalui uji
validitas. Hasil analisis bahan ajar dari tiga validator yang telah dipaparkan sebelum
diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria
kevalidan (valid). Hasil uji validitas untuk bahan ajar dengan kisaran nilai 0,78
sampai 1,00 dengan kategori valid dan sangat valid. Hasil kepraktisan bahan ajar
pembelajaran sebesar 0.90 berdasarkan angket uji praktikalitas respon peserta didik
diperoleh persentase skor sebesar 90%. Berdasarkan hasil validasi bahan ajar
pembelajaran dan uji praktikalitas respon peserta didik dapat disimpulkan bahwa
bahan ajar berbasis literasi keagamaan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.
Kata Kunci: bahan ajar, berbasis literasi keagamaan, pengembangan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 27 Feb 2024 23:58
Last Modified: 27 Feb 2024 23:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8360

Actions (login required)

View Item View Item