INTERNALISASI PEMBELAJARAN PAI UNTUK MEWUJUDKAN MODERASI BERAGAMA DI UPT SMA NEGERI 1 PALOPO

Ahyar, Ahyar and Arifuddin, Arifuddin and St. Marwiyah, St. Marwiyah INTERNALISASI PEMBELAJARAN PAI UNTUK MEWUJUDKAN MODERASI BERAGAMA DI UPT SMA NEGERI 1 PALOPO.

[thumbnail of INTERNALISASI PEMBELAJARAN PAI UNTUK MEWUJUDKAN MODERASI BERAGAMA DI.pdf] Text
INTERNALISASI PEMBELAJARAN PAI UNTUK MEWUJUDKAN MODERASI BERAGAMA DI.pdf

Download (534kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Implementasi Pembelajaran PAI Untuk Mewujudkan Moderasi Beragama di UPT SMA Negeri 1 Palopo. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran PAI untuk mewujudkan moderasi beragama, 2) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI untuk mewujudkan moderasi beragama, 3) untuk mengetahui bagaimana implikasi pembelajaran PAI untuk mewujudkan moderasi beragama. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang membicarakan bentuk dari implementasi pembelajaran PAI untuk mewujudkan moderasi beragama di UPT SMA Negeri 1. Tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, keabsahan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran PAI untuk mewujudkan moderasi beragama di UPT SMA Negeri 1 Palopo sudah sangat maksimal dilihat dari a) penyusunan silabus dan b) pengembangan RPP yang dimana dalam silabus sendiri sudah tersisip (insersi) tentang moderasi beragama sedangkan di dalam RPP yang digunakan nilai moderasi beragama diwujudkan baik dengan metode atau model pembelajaran serta dengan penyesuaian materi yang mengandung nilai moderasi beragama. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI untuk mewujudkan moderasi beragama dilakukan dengan penggunaan metode pembelajaran yang sesuai seperti penggunaan metode ceramah, dan diskusi baik diskusi langsung maupun diskusi kelompok hal ini bertujuan untuk membangkitkan sikap moderat siswa yakni bersikap seimbang, bersikap pertengahan, saling menghargai, menghormati, berlaku adil terhadap teman kelompok, bersikap sportif, serta membangun kerjasama yang baik pada saat pembelajaran berlangsung, 3) Implikasi pembelajaran PAI untuk mewujudkan moderasi beragama yakni siswa memiliki sikap religius dan sikap sosial yang sangat baik seperti, a) taat ibadah, b) menghormati orang lain, c) menjalin keakraban, d) memiliki kepedulian sosial, e) memiliki jiwa nasionalis, f) bersikap toleran, g) serta taat pada aturan.

Item Type: Article
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.102 Pendidikan, Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syamsiar Guntur
Date Deposited: 15 Mar 2024 06:10
Last Modified: 15 Mar 2024 06:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8369

Actions (login required)

View Item View Item