EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) PEMODELAN BANGUN RUANG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA KELAS V UPT SDN 069 LIMBONG KECAMATAN RONGKONG KABUPATEN LUWU UTARA

JUMAENA, JUMAENA (2024) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) PEMODELAN BANGUN RUANG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA KELAS V UPT SDN 069 LIMBONG KECAMATAN RONGKONG KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of JUMAENA (PGMI 2017) (REPOSITORY).pdf] Text
JUMAENA (PGMI 2017) (REPOSITORY).pdf

Download (3MB)

Abstract

xxi
ABSTRAK
JUMAENA,2023” Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality (AR)
Pemodelan Bangun Ruang Terhadap Pemahaman Konsep Geomerti Siswa
Kelas V UPT SDN 069 Limbong Kecamatan Rongkong Kabupaten Luwu
Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. di bimbing Oleh Nilam Permatasari Munir dan Hj Salmilah.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas media pembelajaran Augmeted
Reality (AR) pemodelan bangun ruang terhadap pemahaman konsep geometri
siswa kelas V di UPT SDN 069 Limbong. Penelitian ini unuk mengetahui
pemahaman konsep geometri siswa sebelum dan sesuda menggunakan media
pembelajaran Augmented Reality (AR) dan mengetahui efektivitas media
pembelajaran Augmented Reality(AR).
Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksprimental dengan jenis One
Group pretest dan posttest design.Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh
siswa/siswi 11 UPT SDN 069 Limbong, sampel yang diambil dari 1 kelas Siswa
V UPT SDN 069 Limbong, instrument yang digunakan yaitu tes hasil belajar.
Adapun perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu RPP,sedangkan teknik
analisis data yang digunakan yaitu taknik analisis deskriptif dan analisis infersial.
Hasil penelitian menujukkan bahwa pemahaman konsep awal siswa sebelum
menggunakan media pembelajaran Augmented Reality dalam ketegori sangat
rendah 27,4% rendah 36,3% sedang 36,3%. Nilai rata-rata 60 di kelas V UPT
SDN 069 Limbong sebelum di terapkan media pembelajaran Augmented Reality
(AR).Selanjutnya hasil setelah ditetapkan media pembelajaran Augmened Reality
(AR) menunjukkan yaitu rendah 9,1%18,3% sedang 36,3% tinggi. Nilai rata –rata
80.Melhat dari hasil presentase yang dapat dikatakan bahwa pemahaman konsep
geometri setelah menggunakan media pembelajaran Augmented Reality (AR)
tergolong tinggi.Berdasarkan hal tesebut dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran Augmented Reality (AR) pemodelan bangun ruang tehadap
pemahaman konsep geometri siswa kelas V UPT SDN 069 Limbong Kabupaten
Luwu Utara dalam kreteria efektif.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Augmented Reality , Geometri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:33
Last Modified: 19 Mar 2024 05:33
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/8390

Actions (login required)

View Item View Item